Iwan Jones Peternak Burung Murai Asal Kelurahan Curug, Depok Dimulai Tahun 2003, Sekarang Berpenghasilan Rp15 juta Perbulan

In Satelit Depok, Wilayah Depok
DICKY/RADARDEPOK
BUDIDAYA: Iwan Jones (kanan) mendampingi Camat Bojongsari, Usman Haliyana (kiri) meninjau pengembangbiakan burung miliknya di wilayah Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, Jumat (2/11).

Pengembangbiakan maupun budidaya burung memiliki keuntungan cukup menjanjikan. Seperti Iwan Jones (45) warga Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari yang menekuni pengembangbiakan Burung Murai dan Love Bird sejak 2003, kini mampu menghasilkan pundi uang hingga Rp15 juta perbulan.

Laporan : Dicky Agung Prihanto

Suara merdu kicauan burung mengusik suasana dilingkungan RT2/5, Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari. Ragam kicauan burung berasal dari kandang pengembangbiakan burung Murai dan Love Bird milik Iwan Jones. Pria berbadan kurus dan tinggi dengan telaten memberikan perawatan terhadap burung yang dikembangbiakannya.

Usai membersihkan kandang, Iwan Jones mengatakan, beternak burung sudah digelutinya sejak 2003. Berawal dari hobi burung, Iwan tergerak untuk melakukan pengembangbiakan yang dahulunya dilakukan di wilayah Curug, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Namun, berselang setahun, dia memutuskan untuk pindah di Jalan Raya Curug, Gang Lestari RT2/5, hingga sekarang.

“Dahulu saya mengembangbiakan tiga pasang burung Murai dan delapan pasang Love Bird,” ujar pria yang memiliki akun facebook Iwan Jones.

Pria berusia 45 tahun tersebut mengungkapkan, pengembangbiakan burung Murai dan Love Bird dinilai terbilang mudah. Utamanya, burung yang dikembangbiakan tidak telat dalam pemberian pakan, salah satunya jangkirik. Selama satu bulan, burung yang dikembangbiakan mampu menghabiskan 20 karung jangkirik. Tidak hanya itu, kebersihan kandang maupun suplai vitamin dan pemeriksaan kesehatan burung perlu diperhatikan.

Sesekali menikmati secangkir kopi, Iwan menuturkan, satu ekor love bird dengan usia satu bulan apabila di jual seharga Rp300 ribu sedangkan burung Murai usia dua bulan seharga Rp3,5 juta hingga Rp4 juta. Apabila dikalkukasikan, Iwan mampu menghasilkan pendapatan Rp15 juta perbulan. Iwan mengakui, kerap mendapatkan pesanan murai dari pencinta burung. Hal itu tidak terlepas, Iwan kerap memperlombakan lima burung Murai andalannya. Tercatat, dari perlombaan yang dia ikuti, mampu menggondol sekitar 100 piala penghargaan.

“Saya mengikuti perlombaan di Jabodetabek,” tutup Iwan. (*)

You may also read!

banjir kelurahan gandul rumah jebol

69 KK Kebanjiran di Gandul, Pemkot Depok Cepat Tanggap

JEBOL : Rumah milik Jayadi di Jalan H Usman  Gang Tirta RT13/5 Kelurahan Gandul, Cinere

Read More...
XL Axiata gelar donor darah

XL Axiata Gelar Donor Darah

BERBAGI : Kegiatan Donor Darah di XL Axiata Tower, Jakarta Selatan pada Senin (27/1). XL

Read More...
Ketua Fokla Depok Retno Wijayanti

Fokla Depok : Pengaruh Teman Lebih Dominan Saat Dewasa

Ketua Fokla Depok Retno Wijayanti.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Adanya kasus penculikan anak dibawah umur asal Kota

Read More...

Mobile Sliding Menu