Iwan Jones Pelestari Burung Murai Asal Bojongsari Depok (3) Andalkan Lima Murai, Raih Seratus Piala

In Metropolis
DICKY/RADARDEPOK
BERPRESTASI: Iwan Jones (dua kiri) menunjukkan salah satu piala yang berhasil diraih pada kontes burung murai, beberapa waktu lalu.

Selain pengembangbiakan burung Murai, Iwan Jones kerap mengikuti kontes burung di wilayah Jabodetabek. Hebatnya, ia hanya mengandalkan lima murai yang sudah terlatih. Tak tanggung-tanggung, ada seratus piala berhasil diraih saat mengikuti berbagai kontes lomba burung Murai.

Laporan : Dicky Agung Prihanto

Berjajar sejumlah piala mulai dari ukuran kecil hingga besar terpajang diruang depan rumah miliknya di RT2/5, Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari. Ditengah kesibukannya dalam melakukan pengembangbiakan, Iwan Jones kerap melatih burung Murai andalannya untuk mengikuti lomba kontes burung Murai.

Iwan mengatakan, saat mengikuti kontes lomba burung Murai, dia kerap menurunkan lima burung Murai kesayangannya yang memiliki kemampuan bersuara hingga puluhan suara burung. Sebelum mengikuti kontes, dia kerap melatih burung tersebut untuk mampu merekam suara burung lain sehingga dapat diikuti burung Murai kesayangannya.

“Burung Murai mampu merekam dan menirukan suara burung lain hingga 57 suara,” ujar Iwan kepada Radar Depok.

Sambil mendampingi temannya yang tengah mampir kekediamannya, Iwan mengungkapkan, untuk melatih suara burung Murai, dia melatih burung kesayangannya dengan burung Tengkek Buto, Cililin, Kapas Tembak, Jenggot, dan Pentet. Kelima burung tersebut akan bersuara dan secara naluri suara kelima burung tersebut akan ditiru burung Murai kembali.

Sebelum melakukan kontes, lanjut Iwan burung Murai gacorannya akan diperlakukan secara khusus. Sehari sebelum kontes, burung Murai akan diberikan makan jangkring dengan porsi yang lebih. Biasanya dia memberikan sekali makan lima jangkirik, namun sebelum kontes akan diberikan tujuh jangkrik dan kroto.

“Dalam perlombaan akan dinilai suara, tempo suara, dan burung tidak boleh menyentuh lantai,” terang Iwan.

Hasil dari keuletannya dalam melatih burung Murai, Iwan mengaku kerap menjadi juara saat mengikuti kontes. Tercatat, sebanyak 100 piala penghargaan berhasil diraih dari kemampuan burung Murai mengeluarkan suara yang merdu. Bahkan, Iwan pernah mengikuti burung Murai miliknya dalam memperebutkan Piala Presiden beberapa waktu lalu.

Dampaknya, sambung Iwan tidak sedikit banyak penggemar burung Murai yang ingin membeli burung peliharaanya dengan harga yang cukup tinggi. Namun, Iwan merasa sayang akan burung peliharaanya tersebut. Musababnya, hampir setiap mengikuti kontes, dia mampu membawa pulang tiga piala.

“Rencananya minggu depan saya akan mengikuti lomba diwilayah Tangerang Selatan,” tutup Iwan. (*)

You may also read!

Kejari Depok Irit Bicara

DEPOK – Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok masih belum buka-bukaan, terkait pengembalian berkas rasuah Jalan Nangka, Tapos ke Polresta Depok.

Read More...

Zoss Ada 51 Titik di Depok

DEPOK – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, terus menambah keberadaan Zona Selamat Sekolah (Zoss). Hal itu dilakukan untuk memberikan

Read More...

RS Harapan Depok Tantang YLCC di Pengadilan

DEPOK – Sengketa sewa menyewa gedung antara YLCC dengan RS Harapan Depok, akhirnya akan berujung dimejahijaukan. Kemarin, RS Harapan

Read More...

Mobile Sliding Menu