Iwan Jones Pelestari Burung Murai Asal Bojongsari Depok (2) Kandang Bersih Prioritas, Sebulan 20 Karung Jangkrik

In Metropolis
DICKY/RADARDEPOK
PERHATIAN: Iwan Jones membersihkan kadang pengembangbiakan Murai di lingkungan RW5 Kelurahan Curug, Bojongsari, kemarin (7/11).

Untuk menghasilkan burung Murai Batu Medan yang baik, pemeliharaan burung dan kandang menjadi prioritas utama. Selain itu, Jangkrik menjadi pasokan makanan utama, dalam sebulan dapat menghabiskan 20 karung jangkrik. 

Laporan : Dicky Agung Prihanto 

Iwan Jones telaten membersihkan kandang Murai yang berjejer di tempat pengembangbiakannya di Jalan Lestari RW5 Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari. Menggunakan alat semprot berisi air, burung Murai dimandikan.

Iwan Jones mengatakan, pengembangbiakan burung, kesehatan burung Murai dan kebersihan kandang menjadi salah satu prioritas mencetak bibit Murai. Dia menilai, apabila burung Murai tidak mendapatkan perhatian khusus dalam kebersihan dan kesehatan, dapat dipastikan murai tidak akan menghasilkan bibit yang baik.

“Sebenarnya pengembangbiakan murai terbilang mudah namun tergantung ketelatenan kita,” ujar pria yang memiliki Facebook dengan nama Iwan Jones.

Iwan mengungkapkan, untuk melakukan pengembangbiakan burung Murai, dia menyediakan kandang sebanyak 12 kandang. Ukuran kandang tersebut mulai dari 1,5 meter x 3 meter, 60×45 sentimeter, dan 40×60 centimeter. Ukuran tersebut disesuaikan dengan ukuran dan usia Murai yang dikembangbiakan. Di dalam kandang tersebut, dia menyediakan ranting sebagai pijakan burung Murai, dan serabut daun maupun kulit kayu yang nantinya akan digunakan burung Muri untuk bertelur.

Tidak hanya itu, lanjut Iwan kebersihan burung dan kandang burung, Iwan kerap memandikan burung Murai pagi dan sore. Setiap pagi terutama diwaktu subuh, burung Murai diembunkan. Pakan burung Murai menjadi perhatian khusus terutama jangkrik. Iwan menakarkan, setiap murai dalam satu kali pakan diberikan lima jangkrik disaat makan pagi dan sore.

“Dalam sebulan mampu menghabiskan 20 karung jangkrik,” terang Iwan.

Iwan menambahkan, untuk menjaga pola nafsu makan burung Murai, Iwan kerap memberi kroto seminggu sekali dan cacing gelang seminggu tiga kali. Pemberian multivitamin menjadi salah satu pendamping dalam menjaga kesehatan burung dan rutin dilakukan pengecekan kesehatan Murai. (bersambung)

You may also read!

banjir kelurahan gandul rumah jebol

69 KK Kebanjiran di Gandul, Pemkot Depok Cepat Tanggap

JEBOL : Rumah milik Jayadi di Jalan H Usman  Gang Tirta RT13/5 Kelurahan Gandul, Cinere

Read More...
XL Axiata gelar donor darah

XL Axiata Gelar Donor Darah

BERBAGI : Kegiatan Donor Darah di XL Axiata Tower, Jakarta Selatan pada Senin (27/1). XL

Read More...
Ketua Fokla Depok Retno Wijayanti

Fokla Depok : Pengaruh Teman Lebih Dominan Saat Dewasa

Ketua Fokla Depok Retno Wijayanti.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Adanya kasus penculikan anak dibawah umur asal Kota

Read More...

Mobile Sliding Menu