Iwan Jones, Pelestari Burung Murai Asal Bojongsari Depok (1) Digeluti Sejak 2003, Kembangbiakan Murai Secara Mandiri

In Metropolis
DICKY/RADARDEPOK
HASIL TERNAKAN: Iwan Jones bersama burung murai hasil ternakannya di Jalan Lestari, RT2/5, Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, kemarin (6/11).

Tidak dapat dipungkiri, burung Murai mampu menyedot perhatian pencinta burung, salah satunya Iwan Jones. Karena ketertarikan dan kecintaan terhadap Murai, Iwan melakukan pengembangbiakan burung yang sudah digelutinya sejak 2003.

 Laporan : Dicky Agung Prihanto 

Kicauan suara berbagai jenis burung, menarik hati ingin mendekati puluhan kandang yang berada dilahan milik Iwan Jones, di Jalan Lestari RT2/5, Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari. Puluhan burung Murai tampak berlopatan sambil mengeluarkan kicuan yang menjadi ciri kas Murai.

Duduk dibangku bagian depan tempat pengembangbiakan, Iwan Jones tampak memperhatikan setiap kicauan Murai. Iwan Jones mengatakan, burung Murai merupakan burung pemakan serangga yang berukuran sedang yang banyak ditemukan di Benua Afrika dan Asia, salah satunya Indonesia. Murai merupakan jenis burung yang memiliki kelebihan suara yang dapat memikat pencinta burung.

“Pada 2003 saya telah menyukai Murai dan setiap pagi kerap mendengarkan kicauan Murai,” ujar pria berusia 45 tahun tersebut.

Mengenakan pakaian berkelir hijau, Iwan melihat Murai merupakan salah satu burung yang banyak diminati masyarakat. Untuk itu, Iwan mencoba mempelajari seluk beluk burung Murai. Mulai dari pembicaraan sesama pencinta burung, hingga berselancar didunia internet, mempelajari burung Murai.

Setelah memiliki keyakinan tinggi, Iwan mulai melakukan pengembangbiakan Murai. Pada 2003, Iwan melakukan pengembangbiakan tiga pasang burung Murai dan delapan pasang Love Bird. Pengembangbiakan mulai dia lakukan pada masa kawin dengan usia Murai jantan sekitar empat tahun dan betina tujuh bulan. Pengembangbiakan dilakukan dengan melakukan penjodohan selama satu minggu. “Setelah dijodohkan betina kembali dilepas dikandang pengembangbiakan,” terang Jones.

Pria bertubuh tinggi tersebut mengungkapkan, selama dua minggu Murai akan terlihat melakukan pengankutan sarang, hal tersebut menandakan murai akan bertelur. Setelah itu, Murai betina akan melakukan peneluran hingga penetasan selama dua minggu. Iwan menambahkan, Murai umumnya akan memiliki dua hingga empat telur sama satu kali kawin.

Pria yang menyukai kopi tersebut menuturkan, setelah telur menetas, usia enam hari merupakan usia panen Murai. Hingga kini, banyak pencinta burung yang memesan murai dari tangan dingin Iwan terhadap Murai. Untuk melakukan pengembangbiakan, Iwan telah memiliki 12 Murai yang siap dikembangbiakan.

“Sekarang ini kami tengah mengembangbiakan Murai Batu Medan,” ucap Iwan. (Bersambung)

You may also read!

banjir kelurahan gandul rumah jebol

69 KK Kebanjiran di Gandul, Pemkot Depok Cepat Tanggap

JEBOL : Rumah milik Jayadi di Jalan H Usman  Gang Tirta RT13/5 Kelurahan Gandul, Cinere

Read More...
XL Axiata gelar donor darah

XL Axiata Gelar Donor Darah

BERBAGI : Kegiatan Donor Darah di XL Axiata Tower, Jakarta Selatan pada Senin (27/1). XL

Read More...
Ketua Fokla Depok Retno Wijayanti

Fokla Depok : Pengaruh Teman Lebih Dominan Saat Dewasa

Ketua Fokla Depok Retno Wijayanti.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Adanya kasus penculikan anak dibawah umur asal Kota

Read More...

Mobile Sliding Menu