Indonesia 3-1 Timor Leste, Modal Hadapi Thailand

In Depok Sport, Utama
Andik Vermansah terjatuh akibat ditekel oleh Gumario Augusto di kotak pinalti, pada laga lanjutan penyisihan Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa 13/11/18. Indonesia menang dengan skor 3-1. Foto: Chandra Satwika/Jawa Pos

JAKARTA – Timnas Indonesia memetik kemenangan di laga kedua Grup B Piala AFF 2018 dengan menundukkan Timor Leste 3-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Selasa (13/11) malam. Sempat tertinggal 0-1 terlebih dulu, skuat Indonesia pun bangkit di menit ke-60 dan akhirnya bisa membalikkan keadaan.

Timnas Indonesia yang sejatinya ingin bermain menyerang dalam pertandingan ini tampil lesu darah. Strategi yang ingin diterapkan oleh Bima Sakti rupanya sudah terbaca oleh pelatih Timor Leste.

Setelah bermain imbang 0-0 bertahan sampai turun minum, pada babak kedua Indonesia yang berusaha untuk tampil menyerang malah kecolongan. Belum tiga menit laga berjalan, sebuah sepakan jarak jauh dari Rufino menjebol gawang Indonesia.

Tertinggal 0-1, Indonesia tampil lebih maksimal dan berusaha untuk terus menekan. Namun, skor nyaris berubah 0-2 untuk Timor Leste usai blunder Andritany Ardhyasa, beruntung kiper senior itu bisa membuang bola menjauh dari gawangnya. Perubahan kemudian dilakukan dengan menarik Febri Hariyadi dan memasukkan Riko Simanjuntak. Andik yang di kanan, kini berpindah beroperasi di sisi kiri, Riko yang beroperasi di kanan.

Pergantian ini rupanya efektif. Sebuah aksi dari Andik di sisi kiri membuat bek terpancing dan kemudian memberikan bola ke Alfath Fathier. Sekali kontrol, Fathier kemudian menendang bola yang tak bisa ditangkap sempurna oleh kiper Timor Leste dan menjadi gol. Skor imbang 1-1 di menit ke-60.

Indonesia sangat bernafsu membalas untuk membalikkan kedudukan setelah gol penyeimbang ini. Alhasil, dari pergerakan di sisi kiri, Andik berhasil mengecoh bek lawan dan melakukan sprint ke dalam kotak penalti. Saat akan menendang, dia dilanggar dan berhasil memberi hadiah penalti untuk Indonesia.

Stefano Lilipaly yang menjadi eksekutor, sukses menjebol gawang lawan dan menjadikan skor berubah 2-1 untuk keunggulan Indonesia pada menit ke-69. Skuat Garuda semakin membara dan berhasrat memperbesar keunggulan. Serangan maksimal dilakukan karena Timor Leste sudah bermain terbuka. Ini membuat Indonesia semakin nyaman menyerang sampai akhirnya laga masuk menit ke-82. Berawal dari umpan Riko Simanjuntak, bola berhasil disundul mulus oleh Beto dan skor pun berubah 3-1.

Pada menit ke-87, Indonesia nyaris kebobolan setelah Rufino bisa melewati Gavin. Beruntung, saat one on one, Andritany bisa menepis bola menjauh dari gawang. Skor pun berakhir 3-1 untuk kemenangan Indonesia. Timnas Indonesia akan kembali bertanding menghadapi Thailand pada Sabtu 17 November.

Di pertandingan lain dari Grup B, tuan rumah Filipina menang 1-0 atas Singapura. Klasemen sementara, Thailand tetap di puncak dengan tiga poin dari satu pertandingan (gol 7-0) diikuti Indonesia tiga poin dari dua laga (3-2), Filipina tiga poin dari dua pertandingan (1-0), Singapura juga tiga poin dari dua laga (1-1) dan Timor Leste kosong dari dua pertandingan (1-10). (dkk/jpnn)

You may also read!

Disdukcapil Kota Depok Bakar 30 Ribu Blangko e-KTP Rusak

DEPOK – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok memusnahkan 30 ribu blangko Elektronik KTP di Balaikota Depok,

Read More...

Antisipasi Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok, Disdagin Depok Operasi Pasar

DEPOK – Mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI)

Read More...

NU Depok Serukan Perkuat Kebinekaan

DEPOK – Plt Ketua PC NU Kota Depok, Ahmad Solechan menyerukan ajakan untuk memperkuat kebinnekaan dan mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan.

Read More...

Mobile Sliding Menu