Imam Nafi Ajak Cegah Bahaya Radikalisme di Depok

In Politika
Imam Nafi, Caleg DPRD Depok Dapil Pancoranmas

DEPOK – Dalam menyikapi dan mencegah pemikiran radikal, perlu menempatkan setiap ayat-ayat ‘radikal’ sesuai porsinya masing-masing agar masalahnya menjadi jelas. Tidak hanya itu, harus pula memahami sejarah dakwah Nabi Muhammad SAW. Hal itu disampaikan Calon Anggota Legislatif DPRD Kota Depok, Dapil Pancoranmas, Imam Nafi, kemarin (8/11).

Nafi mengatakan, Nabi mengawali dakwah dengan cara sembunyi-sembunyi sampai pada akhirnya terang-terangan. Kemudian peperangan yang dilakukan Nabi dan sahabatnya karena terzalimi dan untuk mempertahankan diri. Semua peperangan terjadi karena Nabi dihadapkan pada situasi yang mengharuskannya mempertahankan diri.

“Sejumlah peperangan seperti perang Badar pada tahun ke–2 Hijrah, perang Uhud tahun ke–3 Hijrah, perang Ahzab tahun ke–5 Hijrah, Fathu Makkah pada tahun ke–8 Hijrah sampai perang Tabuk tahun ke–10 Hijrah. Semuanya bukan Nabi yang memulai, melainkan kaum kafir Qurays yang memulainya,” ucap Caleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Selanjutnya kata Nafi, kita harus memperhatikan misi Agama Islam adalah menebar kasih sayang ke seluruh alam semesta (rahmatan lilalamin). Agama Islam tidak menginginkan peperangan, sebagai manusia kaum muslimin juga tidak menginginkan peperangan.

“Karena paham radikalisme ini berbahaya, maka dari itu kita harus mendidik generasi penerus agar terhindar dari ajaran radikalisme. Orang tua harus memiliki pemahaman yang sama dalam membina keluarga,” tegas Nafi.

Bahkan lanjut Nafi, dalam memilih tempat belajar juga harus memiliki track record yang jelas, tidak cenderung mengarah kepada radikalisme. Guru atau ustadznya juga harus memiliki kapasitas yang jelas, mempunyai mata rantai keilmuan atau sanad yang jelas agar ilmunya bermanfaat dan tidak menyesatkan. (gun)

You may also read!

Kejari Depok Irit Bicara

DEPOK – Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok masih belum buka-bukaan, terkait pengembalian berkas rasuah Jalan Nangka, Tapos ke Polresta Depok.

Read More...

Zoss Ada 51 Titik di Depok

DEPOK – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, terus menambah keberadaan Zona Selamat Sekolah (Zoss). Hal itu dilakukan untuk memberikan

Read More...

RS Harapan Depok Tantang YLCC di Pengadilan

DEPOK – Sengketa sewa menyewa gedung antara YLCC dengan RS Harapan Depok, akhirnya akan berujung dimejahijaukan. Kemarin, RS Harapan

Read More...

Mobile Sliding Menu