Guru Belajar SDIDTK Bersama Puskesmas Ratujaya Depok

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
JAGA KESEHATAN ANAK: Camat Cipayung, Asep Rahmat memberikan sambutan dalam rangka promosi kesehatan yang dilakukan UPT Puskesmas Ratujaya, di aula SLB Negeri Kota Depok, kemarin (14/11).

DEPOK – Sebagai upaya meningkatkan pengetahuan terkait tumbuh kembang anak. UPT Puskesmas Ratujaya mengedukasi sebanyak 45 Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), RA, dan TK se-Kelurahan Ratujaya dan Pondok Jaya, kemarin (14/11).

Kepala UPT Puskesmas Ratujaya, dr. Frovira Brilyandini mengatakan, kegiatan yang bertemakan ‘Stimulasi, Deteksi, Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK)’ bertujuan membantu para guru agar dapat mendeteksi penemuan adanya gangguan tumbuh dan berkembang pada peserta didik.

“Para guru jenjang pendidikan usia dini merupakan bagian pemula yang dapat mendeteksi adanya gangguan pada si anak. Untuk itu kami ajarkan mereka agar dapat membantu kami di lapangan untuk mendeteksi anak-anak yang terkenan gangguan tumbuh kembang,” kata dr. Frovira kepada Radar Depok.

Dia menjelaskan, peran guru dan orangtua sangat diperlukan dalam pendeteksian dini tersebut. Ketika ditemukan anak yang mengalami gangguan, diharapkan guru dapat segera melaporkannya kepada pihak puskesmas untuk ditindaklanjuti.

“Di program kami juga ada kunjungan ke sekolah untuk pemeriksaan SDIDTK, namun dengan peran guru dapat membantu kami untuk mengakses cakupan layanan kesehatan,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Cipayung, Asep Rahmat mengapresiasi peran UPT Puskesmas Ratujaya tersebut. Menurutnya guru anak usia dini memiliki peran penting dalam pendektesian tersebut. Dan dia berharap agar adanya sinergitas antara guru dan puskesmas dalam penanganannya.

“Saya ingin guru yang mendapatkan sosialisasi ini dapat menyebarkan ilmunya kepada sesama guru di sekolah masing-masing. Kemudian ketika sudah terdeteksi adanya gangguan tumbuh kembang, diharapkan kesadaran orangtua tentang kemampuan anaknya meningkat,” tutup Asep. (san)

You may also read!

Relawan Mujahidin Ajak Warga Tabayun

RADARDEPOK.COM, TASIKMALAYA- Banyaknya berita yang simpang siur dan berita hoax yang membakar suhu politik menjelang pengumuman hasil Pemilu 22

Read More...

Harga Tiket Bus Gila-gilaan

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Pemudik Depok tahun ini pasti bakal kebingungan pulang kampung halaman naik transportasi apa. Selain tiket pesawat yang sudah

Read More...

Pembalap Depok Jatuh Lagi

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Pembalap Indonesia asal Kota Depok Dimas Ekky Pratama gagal finis pada balapan Moto2 Prancis 2019 di Sirkuit Le

Read More...

Mobile Sliding Menu