FPsi UI Luncurkan Program Serasi

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
LAUNCHING : Dosen dan Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia berfoto bersama usai meluncurkan Progam Serasi dalam Seminar Disemasi yang dilaksanakan di Gedung FPsi UI, beberapa waktu lalu.

DEPOK – Tim dosen dan mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (FPsi UI) telah menjalankan kegiatan Pengabdian Masyarakat bertajuk “Program SERASI (Sekolah Ramah Inklusi)”. Berkenaan dengan berakhirnya program tersebut, tim Pengmas F.Psi UI mensosialisasikan hasil penelitian dalam Seminar Diseminasi.

Ketua Tim Pengmas, Farida Kurniawati mengatakan, program SERASI dilaksanakan selama enam bulan, dari Maret – Agustus 2018 di salah satu Sekolah Dasar Negeri Inklusif di Jakarta Timur. Tujuannya untuk menghadirkan Sekolah Inklusif dan menumbuhkan sikap positif terhadap siswa berkebutuhan khusus.

“Kami melibatkan siswa, guru, dan orangtua tentunya. Nantinya diharapkan berbagai pihak tersebut dapat menciptakan lingkungan sekolah yang ramah inklusi. Pendidikan inklusif sendiri merupakan sebuah proses meningkatkan sistem kapasitas sekolah untuk semua siswa, termasuk ABK,” katanya.

Pelaksanaan pendidikan inklusif diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, No. 70 tahun 2009 yang menegaskan bahwa siswa berkebutuhan khusus berhak mendapatkan pendidikan yang layak di sekolah reguler bersama dengan peserta didik pada umumnya.

Anggota peneliti, Prof. Frieda Mangunsong mengungkapkan, ketika penelitian ini dilakukan, respon positif ditunjukkan oleh berbagai pihak. “Tapi, ketika kita lihat perilaku sehari-harinya, para guru belum tahu cara mempraktikannya (pendidikan ramah inklusi),” tambahnya.

Pada seminar ini, dilakukan pemaparan hasil penelitian oleh Koordinator Penelitian, Dra. Farida Kurniawati, M.Sp.Ed.,Ph.D., Psikolog, serta anggota peneliti, yaitu Prof. Dr. Frieda Mangunsong, M.Ed., Psikolog, Farida Aini, S.Psi., Rachel Ullynaria Doreen, S.Psi., dan Rafidah Riahta, Spsi. (san)

You may also read!

Dibongkar, Bangun, Dilarang Lagi

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Setahun lalu tepatnya 15 Juli 2018, ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Grand Depok City dibongkar. Terbaru kemarin,

Read More...

Babinsa Belajar Aplikasi Panic Button

RADARDEPOK.COM, DEPOK– Kondusifitas perlu di jaga, apalagi saat Ramadan, dan berbarengan dengan pengumuman pemenang pemilu 2019. Guna menghalau kejadian

Read More...

Terinspirasi Kehidupan ART, Meniti Sejak 2009

RADARDEPOK.COM – Mungkin sebagian orang menganggap sampah tidak bermanfaat. Namun tidak bagi Serly Susanti, yang berjuang dan meniti karir

Read More...

Mobile Sliding Menu