APBD 2019 Kota Depok Naik Rp400 Miliar

In Metropolis
IRWAN/RADARDEPOK
BERSIAP : Walikota Depok, Mohammad Idris (kiri) bersama Ketua DPRD Kota Depok, Hendrik Tangke Allo saat menghadiri Rapat Paripurna dalam rangka persetujuan DPRD Kota Depok terhadap Raperda APBD Kota Depok tahun anggaran 2019, di Gedung DPRD Kota Depok, Rabu (14/11) pagi.

DEPOK – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019, naik sekitar Rp400 miliar. Artinya, tahun depan Kota Depok miliki APBD sebesar Rp3,2 triliun. Anggaran tersebut sudah disahkan DPRD Depok, saat rapat Paripurna di Gedung DPRD kawasan Grand Depok City (GDC), Rabu (14/11).

“APBD Kota Depok 2019 yang disahkan tersebut senilai Rp3,2 triliun atau naik 14,68 persen dari anggaran sebelumnya Rp 2,802 triliun,” kata Walikota Depok, Mohammad Idris kepada Harian Radar Depok, kemarin.

APBD 2019, kata Idris telah dirancang untuk belanja keperluan berjalanya kepemerintahan di Depok. Bahkan, di dalam APBD 2019 ada alokasi biaya tak terduga (BTT) dinaikan sebesar Rp10 miliar. Dana itu diperuntukan untuk bencana alam seperti banjir dan longsor. “ Misalnya tanah longsor dibeberapa wilayah saat ini,” ujarnya.

Sementara, Ketua DPRD Kota Depok, Hendrik Tangke Allo menambahkan, setelah menyepakati rancangan Kebijakan Umum Anggaran Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS). Untuk anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2019 pada Rapat Paripurna (3/8). DPRD langsung membahasnya dengan cukup cepat.

Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tersebut, diselesaikan dengan waktu yang cukup singkat yaitu sebelum 31 November 2019. Menurutnya, APBD 2019 memiliki substansi yang banyak salah satunya infrastruktur.

Sekarang ini, tingkat intensitas bencana semakin tinggi. Sehingga efeknya bencana semakin banyak. “Untuk itu diitungkan dalam anggaran BTT, untuk bencana dari Rp2,5 miliar kita putuskan menjadi Rp15 miliar. Anggaran ini belum cukup, tetapi dengan anggaran ini akan kita maksimalkan,” tuturnya.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Depok Rienova Serry Donie   menyebutkan, APBD 2019 sebesar Rp 3,2 triliun. Tentunya ada kenaikan sekitar Rp 400 miliaran. “APBD 2018 sebesar Rp 2, 8 trilun,” singkat Rienova. (irw)

You may also read!

850 Restoran di Depok Belum Bayar Pajak, Dewan: Perlu Pendekatan Persuasif

DEPOK – Guna mengetahui sebuah restoran belum membayar pajak, dan upaya meningkatkan pendapatan daerah dari sektor tersebut, pada 2019

Read More...

Pohon Natal Setinggi 15 Meter Sambut Pengunjung Mall

DEPOK – Memasuki libur panjang anak sekolah, Hari Natal (25/12), serta tahun baru, sejumlah pusat perbelanjaan dan hiburan di

Read More...

Pasokan Listrik Natal-Tahun Baru Aman

DEPOK – PT PLN (Persero) Transmisi Jawa Bagian Barat (TJBB) memastikan akan menjaga pasokan listrik di Jawa Barat dan

Read More...

Mobile Sliding Menu