Aktor Reza Rahadian Praktik Metode 3C di Vokom UI

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
LANGSUNG PRAKTIK: Mahasiswa Vokasi Komunikasi Universitas Indonesia praktek di salah satu studio produksi, dengan didampingi Reza Rahadian selaku dosen pengampu mata kuliah olah suara dan penyajian.

DEPOK – Sejak September 2018, Program Vokasi Komunikasi (Vokom) Universitas Indonesia (UI) mendatangkan tenaga profesional, yakni aktor Reza Rahadian untuk menjadi dosen praktik.

Beberapa hari yang lalu, Reza mengajak 67 mahasiswa untuk melakukan observasi kerja praktik industri komunikasi, di salah satu studio produksi di bilangan Jakarta Selatan.

Kepala Program Studi Vokom UI, Devie Rahmawati mengatakan, dalam kesempatan itu Reza mendampingi para mahasiswanya untuk memperoleh gambaran utuh dan nyata tentang proses produksi sebuah program TV berkelas dunia.

“Reza mengajar mata kuliah olah suara dan penyajian selama 14 pertemuan dalam satu semester. Bersama tim dosen dia mempraktikkan metode pendidikan vokasi komunikasi yang terdiri dari 3C yaitu Class Teaching, Case Study dan Collaboration Project,” kata Devie kepada Radar Depok.

Devie menjelaskan, dalam mengampu mata kuliah di kelas, Reza mendorong model Class Teaching yang dinamis (aktif). Reza juga kerap mengundang praktisi lain untuk berbagi tentang Case Study sehingga mahasiswa memiliki perspektif yang luas.

Dengan membawa para mahasiswanya belajar keluar kelas, Reza telah mendorong mahasiswa untuk mempraktikkan langsung Collaboration Project antara mahasiswa dan para profesional. Sehingga mahasiswa mendapatkan peluang yang besar untuk bekerja langusng di industri.

“Kehadirannya menandai sebuah babak baru dalam revolusi pendidikan Vokasi Indonesia. Dia telah menumbuhkan gairah mengasah keterampilan profesional di dunia pendidikan tanah air menjadi sangat besar,” jelas Devie.

Menurut perempuan yang juga menjabat sebagai kordinator peminatan penyiaran Vokom ini, dahulu pendidikan vokasi yang telah terbukti membawa kesuksesan di Barat, tidak mendapatkan tempat di masyarakat Indonesia.

“Kami sangat berterima kasih kepada seluruh profesional yang telah mewaqafkan waktu dan ilmu untuk berjuang memastikan peserta didik vokasi  siap bersaing dengan pekerja global,” tutup Devie. (san)

You may also read!

60 Calon Pelaku Usaha Mikro Dilatih

  DEPOK – Dalam rangka meningkatkan program pemberdayaan masyarakat dan pengembangan ekonomi melaluiUMKM, Kecamatan Sukmajaya menggelar pelatihan bagi calon

Read More...

Sensani Makan Ayam Utuh Kadaharan

  DEPOK – Bagi sebagian besar orang menikmati menu masakan ayam pasti sudah biasa dengan ayam potongan. Berbeda dengan

Read More...

Banyak Produk Baru di Donatello

  DEPOK – Outlet penjualan aneka sepatu, sandal, tas dan aksesoris Donatello saat ini banyak mengeluarkan produk baru. Adapun

Read More...

Mobile Sliding Menu