Unmul Kunjungi UI

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
KUNJUNGAN: Universitas Indonesia didatangi civitas Universitas Mulawarman dalam rangka studi banding secara holistik di Ruang Rapat. A Gedung Rektorat Lantai 2, Kemarin.

DEPOK – Universitas Indonesia (UI) menyambut hangat kedatangan civitas Universitas Mulawarman (Unmul) dalam rangka studi banding secara holistik di Ruang Rapat. A Gedung Rektorat Lantai 2, Kemarin.

Staf Khusus Bidang Kesekretariatan Rektor Universitas Mulawarman, Triyono Sudarmaji mengatakan, kunjungan kali ini, pihaknya bersama UI berdiskusi seputar sistem akademik, pengolahan data, akreditasi, serta sistem data mahasiswa.

“Universitas Mulawarman sendiri sudah terakreditas A tetapi hanya di 3 program studi. Yaitu program Pendidikan Peternakan, Lingkungan Geologi dan Pendidikan Fisika, sedangkan 60 persen lainnya masih terakreditasi B”, kata Triyono.

Demi mengemban amanah yang besar untuk menjadi salah satu kampus berakreditasi A di Kalimantan. Unmul bermaksud menyontoh keberhasilan UI dimana saat ini 90 persen dari 237 program studi program studinya telah terakreditasi A.

Direktorat Pendidikan serta perwakilan dari Direktur Sistem Teknologi dan Informasi, Budhy Kurniawan menjelaskan, bahwa kekuatan UI ada pada sistem akademiknya yang sudah teratur dan terintegrasi melalui pengaturan secara sistem seperti SIAK-NG.

“Untuk sistem data mahasiswa dan pengaturan sistem akademis seperti kurikulum, pengambilan cuti, dapat dilakukan secara sistem, dan nantinya sistem akan menindaklanjuti sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan, termasuk pembekuan akun mahasiswa yang bersangkutan “, jelas Budhy.

Tak hanya itu, kesuksesan UI juga dipengaruhi oleh kemandirian pihak universitas dalam mengelola dana abadi yang dimilikinya. Dana abadi merupakan dana tetap yang tidak boleh berkurang jumlahnya tetapi hasil investasinya dapat digunakan untuk kebutuhan universitas dalam bidang pendidikan dan kemajuan universitas.

“Adanya pengelolaan dana abadi yang dimiliki universitas membuat pihak universitas dapat secara aktif mengolahnya untuk dialokasikan kepada beasiswa serta kemajuan pendidikan di UI,” ucap Budhy.

Namun, penggunaan sistem online ini tidak semudah seperti yang dibayangkan. Hal ini dikarenakan masih perlu adanya sinkronisasi antara pihak universitas dengan pihak direktorat pendidikan seperti bersurat untuk meminta akses online yang masih harus dilakukan secara offline.

“Mekanisme tersebut dianggap kurang praktis tetapi dapat diatasi dengan adanya koordinasi antar pihak baik universitas terhadap fakultas-fakultasnya maupun universitas terhadap dikti,” terang Budhy yang juga merupakan pengajar di FMIPA tersebut.

Triyono berharap, dengan adanya pertemuan ini, Universitas Mulawaman dapat terus berkoordinasi dengan UI demi kemajuan pendidikan di Kalimantan tersebut. Kemudian diskusi ditutup dengan pemberian cinderamata kedua belah pihak serta sesi foto bersama. (san)

You may also read!

Disdukcapil Kota Depok Bakar 30 Ribu Blangko e-KTP Rusak

DEPOK – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok memusnahkan 30 ribu blangko Elektronik KTP di Balaikota Depok,

Read More...

Antisipasi Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok, Disdagin Depok Operasi Pasar

DEPOK – Mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI)

Read More...

NU Depok Serukan Perkuat Kebinekaan

DEPOK – Plt Ketua PC NU Kota Depok, Ahmad Solechan menyerukan ajakan untuk memperkuat kebinnekaan dan mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan.

Read More...

Mobile Sliding Menu