TMMD Gandeng Mahasiswa UI

In Metropolis

DEPOK – Aksi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 di Kota Depok, mulai bergerak di bidang pendidikan. Guna memaksimalkan kegiatan ini TMMD menggandeng mahasiswa Universitas Indonesia (UI), dengan cara menyampaikan dongeng kepada siswa sekolah dasar.

Siswa berasal dari Madrasah Ibtidaiyah As-Sholahiyah, di Jalan Pertanian Cipayung Jaya, Cipayung, Sabtu (20/10). Mendongeng dan pengajaran ringan agar anak bisa mendongeng ke para siswa diberikan oleh dua mahasiswa UI yakni Endah A’laa Aulia dan Salpa di aula sekolah MI As-Sholahiyah.

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0508/Depok, Kapten Inf Ibrahim, yang juga pengawas Satgas TMMD ke-103 di Depok menuturkan, TMMD sengaja menggandeng dua mahasiswa UI yang pandai mendongeng dan mengajarkan dongeng kepada siswa.

Mendongeng memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan kecerdasan anak, melatih mental, dan emosi anak dengan cara menyenangkan. “Apalagi dengan dongeng dapat kita selipkan pesan moral yang baik dan positif ke anak. Sehingga hal yang baik itu cepat sampai dan dimengerti anak, dan diharapkan diingat terus,” kata Ibrahim.

Dari sejumlah literatur ilmiah seperti yang disampaikan oleh  Endah A’laa Aulia dan Salpa, manfaat mendongeng antara lain mengembangkan kecerdasan bahasa anak akan kosakata, frasa, dan kalimat baru.

Selain itu, mendongeng  mengasah ketajaman memori anak melalui alur cerita dalam dongeng, melatih konsentrasi anak, membuka wawasan baru dari cerita dalam dongeng, melatih dan mendukung imajinasi anak, serta.mengajarkan kecerdasan sosial dan emosional.

“Jadi manfaatnya cukup banyak sekali untuk kecerdasan, mental dan emosi anak,” katanya.

Materi yang diberikan kedua mahasisw UI itu berjudul ‘Dosi dan Lisa Belajar Membuang Sampah pada Tempatnya’ dan mengajarkan bagaimana mendongeng dengan mudah dan baik.

Semua siswa yang hadir tampak senang dan antusias mendengar dongeng yang diberikan. Sesekali mereka tertawa lepas atau menunjukkan wajah penuh tanya saat mendengar alur cerita.

Terpisah, Staf Humas dan Komunikasi informasi Publik (KIP) Universitas Indonesia (UI) Egia Etha Tarigan mengatakan, UI mempersilakan semua unsur kampus, baik dosen atau mahasiswa turun mengabdi ke masyarakat, termasuk berpartisipasi dalam program TMMD ke-103 di Depok ini.

“Para dosen dan mahasiswa kita memang sedang gencar beberapa tahun ini turun ke masyarakat untuk pengabdian, dalam bidang apapun,” pungkasnya. (net/wrt)

You may also read!

Mukhlis Effendi : Untuk Membina Umat, Majelis Taklim di Depok Harus Diperhatikan

DEPOK – Caleg DPR RI DAPIL Jabar VI dari Partai Gerindra, Mukhlis Effendi memandang majelis taklim sebagai wadah penguat

Read More...

Sholahudin : Wujudkan Kebersamaan dengan 5M

DEPOK – Caleg DPRD Kota Depok Dapil 1 (Pancoranmas), dari PKB, Sholahudin menilai, kebersamaan di antara perbedaan bisa diciptakan

Read More...

Pemkot Depok Gugat Petamburan, Fokus Persiapkan Materi Gugatan

DEPOK – Pemkot Depok tidak diam dalam memperjuangkan Pasar Kemirimuka. Pasca putusan sidang Derden Verzet sengketa lahan Pasar Kemirimuka,

Read More...

Mobile Sliding Menu