Sulap TPS Liar Jadi Taman Bacaan di Depok

In Satelit Depok, Wilayah Depok
REGI/RADAR DEPOK
PENCEGAHAN: Taman Bacaan Perigi mengubah TPS liar di RT4/7, Kelurahan Kedaung jadi tempat bacaan untuk masyarakat umum.

DEPOK – Tempat pembuangan sampah (TPS) liar di pinggir Jalan Pahlawan RT3/7, Kelurahan Kedaung, Kecamatan Sawangan, membuat anak muda yang tergabung di Taman Bacaan Perigi, RT4/7 Kelurahan Kedaung, Kecamatan Sawangan, melakukan aksi protes terhadap seluruh pihak terkait kebersihan lingkungan.

Aksi protes yang dilakukan anak-anak muda tersebut, tergolong kreatif, yakni dengan membersihkan titik lokasi penumpukan sampah, lalu lokasi tersebut dijadikan sebagai lapan bacaan buku untuk masyarakat umum.

Salah seorang anggota TBP, Ilham mengatakan adanya TPS liar tersebut kerap terjadi sejak dua tahun lalu. Meskipun sudah kerap dibersihkan, tetapi sampah-sampah tetap saja datang di kemudian harinya. Dari hal tersebut, pihaknya pun mengusung ide perubahan, dengan membuat Taman Bacaan Perigi di lokasi pembuangan sampah liar tersebut.

“Dua tahun lalu. Sudah dibersihkan, eh malah nongol lagi. Padahal, sudah kita cegah dengan menancapkan papan dengan tulisan ‘dilarang membuang sampah di sini’,” ungkap Ilham, kepada Radar Depok, kemarin.

TPS liar di lokasi yang tepatnya, di dekat PT. Gobun, RT3/7 Kelurahan Kedaung ini, sangat disayangkan Ilham dan kawan-kawannya. Pasalnya, Ilham dan kawan-kawan sudah bergerak sejak dua tahun lalu. Namun, sambung Ilham, kebersihan yang telah dilakukannya bersama kawan- kawan TBP tidak bertahan lama.

“Sebulan bersih, kalau engga dijaga numpuk lagi. Kan kita juga tidak bisa selalu beradar dilokasi untuk menjaga. Paling di hari-hari libur saja. Duh, ditinggal sehari saja, pasti ada aja yang buang sampah di situ,” beber Ilham.

Ilham berharap, masyarakat dapat lebih cermat dalam membuang sampah. Nantinya, sambung Ilham, lahan tersebut dapat ditanami tanaman-tanaman herbal. Selain itu, dia juga berpesan, agar pihak DLHK dapat memperhatikan dan membantu dalam membersihkan sampah yang kerap terjadi. Sebab, menurut Ilham, selama ini pihaknya tidak mendapatkan respon.

”Bahkan, pihak Kelurahan Kedaung pun belum juga turun tangan menyikapi masalah ini. Selama ini hanya pemuda yang bergerak, dibantu dengan RT setempat. Selebihnya tidak ada bantuan,” tandas Ilham. (cr1)

You may also read!

Pedagang Kemirimuka Depok Banding

DEPOK – Perjuangan pedagang Pasar Kemirimuka, sedikit goyang dalam mempertahankan tanah negara dari PT Petamburan Jaya Raya (PJR). Pengadilan

Read More...

Daftar ke RSUD Depok Cukup Via Online

DEPOK – Warga Depok kembali dimanjakan saat membutuhkan layanan RSUD Depok. Kemarin, RSUD yang berada di Kecamatan Sawangan tersebut

Read More...

40 Restoran Belum Bayar Pajak

DEPOK – Bisnis kuliner di Depok meningkat terus dalam tiga tahun terakhir. Namun tak semua pengusaha restoran di kota

Read More...

Mobile Sliding Menu