Start Up Indonesia Peduli Pendidikan

In Ruang Publik
SOSIALISASI: Sosialisasi pembayaran SPP Online, tim IDN dan Guru Sekolah Perjuangan dan Peradaban Depok, di Sawangan, beberapa waktu lalu. Foto : IDN FOR RADAR DEPOK

Oleh: Ian Mckenna*)

Mungkin anda tidak akan terbayang betapa sulitnya bagi seorang Kepala Sekolah ataupun pemilik Yayasan dalam menjalani bisnis pendidikan. Bukan hanya beban moril, memberikan pendidikan dan ilmu terbaik bagi siswa yang diasuhnya, sekolah dan lembaga pendidikan juga harus bisa memberikan kesejahteraan bagi guru dan seluruh staf pendidikan.

Dibalik tuntutan tersebut, menjalani bisnis pendidikan bukan semata-mata dilakukan oleh pelaku bisnis demi mencapai keuntungan, namun mereka ingin memberikan kontribusi nyata di dunia pendidikan, dengan berpartisipasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Akan tetapi tahukah Anda, hampir sebagian besar lembaga pendidikan yang ditemui, skala besar ataupun menengah, memiliki kesulitan dalam memproses kegiatan keuangan dikarenakan terbatasnya sumber daya dan teknologi.

Infradigital Nusantara (IDN) sebagai salah satu startup didunia Tekfin, berambisi untuk membantu sekolah dalam memberikan solusi teknologi dan layanan finansial, sehingga seluruh proses akan terintegrasi dan terotomasi.

Sejak launching di bulan Maret 2018, startup yang sedang naik daun ini telah dipercaya oleh lebih dari 35 yayasan dengan 70 unit sekolah, pesantren, universitas dan lembaga kursus.

Apa itu Infradigital Nusantara (IDN)?

Infradigital Nusantara (IDN) adalah penyedia sistem keuangan untuk lembaga pendidikan yang membantu Tata Usaha dan kegiatan administratif lainnya dalam rangka penyelenggaraan pembayaran tagihan pendidikan. IDN menghubungkan lembaga pendidikan dengan ekosistem pembayaran di Indonesia sehingga lembaga pendidikan dengan leluasa dapat memfasilitasi pembayaran tagihan melalui berbagai channel dan metode pembayaran terkini (Jaringan IDN).

Dengan bergabung ke dalam Jaringan IDN, nikmati fasilitas: Sistem keuangan dan pencatatan digital, Notifikasi tagihan sampai struk otomatis, Pembayaran tagihan pendidikan online melalui banyak channel (Retail & Bank), Registrasi siswa Online.

Bayangkan selama ini sebuah sekolah dengan 600 siswa harus mengurus 10 ribu tagihan per tahun secara manual. Mulai dari SPP, Infaq, Buku, Seragam, Les, Jemputan, Field Trip, Uang Gedung dan lain sebagainya. Pencatatan, pengiriman tagihan, rekonsiliasi seluruhnya dilakukan secara manual yang membutuhkan waktu dan sumber daya yang tidak efisien.

Dan seluruh permasalahan manual proses berdampak kepada kelancaran kas Lembaga Pendidikan dan sering kali mengganggu kegiatan operasional dan belajar mengajar.

Keuntungan

Lembaga pendidikan yang telah bergabung ke dalam Jaringan IDN telah membuktikan bahwa mereka bisa menghemat waktu kerja sampai dengan 8 jam per minggu dan mengefisiensikan SDM dari 3 orang menjadi 1 orang dalam pengurusan keuangan. Hemat hingga ratusan juta per tahun dan meningkatkan kinerja pembayaran tagihan sampai dengan 60%.

Lembaga Pendidikan kini dapat menjalankan fungsinya sebagai pengajar dan pendidik serta fokus dalam membangun kualitas pendidikan.

Mengapa IDN?

Jaringan IDN merupakan satu-satunya perusahaan teknologi finansial, penyedia platform keuangan untuk Lembaga Pendidikan yang terdaftar di Bank Indonesia.

Jaringan IDN telah bekerjasama dengan berbagai macam channel pembayaran baik bank maupun non bank. Bank yang telah terkoneksi adalah Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BNI Syariah, Bank Danamon, Bank CIMB Niaga dan Bank BCA. Transaksi pembayaran sekolah dapat dilakukan melalui ATM, Internet Banking, SMS Banking dan lain sebagianya. Selain itu, IDN juga telah bekerjasama dengan 12.000 Indomaret di seluruh nusantara, wallet sistem seperti Mobile Pulsa dan Paypro.

Misi Infradigital Nusantara

Misi kami adalah membuka gerbang ekosistem pembayaran digital dan teknologi finansial, yang berpengaruh pada mudahnya akses layanan finansial bagi Institusi Pendidikan dan majunya kualitas pendidikan di Indonesia. Ayo bantu wujudkan mimpi kami, Teknologi & Pendidikan untuk semua!

*)Penulis adalah Ceo Infradigital

You may also read!

Kejari Depok Irit Bicara

DEPOK – Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok masih belum buka-bukaan, terkait pengembalian berkas rasuah Jalan Nangka, Tapos ke Polresta Depok.

Read More...

Zoss Ada 51 Titik di Depok

DEPOK – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, terus menambah keberadaan Zona Selamat Sekolah (Zoss). Hal itu dilakukan untuk memberikan

Read More...

RS Harapan Depok Tantang YLCC di Pengadilan

DEPOK – Sengketa sewa menyewa gedung antara YLCC dengan RS Harapan Depok, akhirnya akan berujung dimejahijaukan. Kemarin, RS Harapan

Read More...

Mobile Sliding Menu