Siswa di Depok Jual Laptop demi Bisnis MLM Salah Satu MA di Sawangan

In Satelit Depok, Wilayah Depok
REGI/RADAR DEPOK
PENGARUH BURUK: Suasana pelataran lantai dua Madrasah Aliyah Islamiyah Sawangan, Depok, sepi usai kegiatan belajar mengajar, kemarin.

DEPOK – Bisnis Multilevel Marketing (MLM), masuk ke ruang pendidikan dan menyasar ke para pelajar. Salah satunya, Madrasah Aliyah (MA) di Kecamatan Sawangan, H pelajar kelas XII IPS, telah melakoni bisnis tersebut sejak dua bulan terakhir. Hal tersebut dibenarkan oleh orang tuanya, E yang merupakan warga Sawangan Utara. Ia mengatakan, anaknya telah melakoni bisnis tersebut sejak lama. Bahkan, kata E, anaknya rela menjual laptop untuk memenuhi target penjualan dari bisnis MLM tersebut.

“Produknya Herbal Propolis Melia Biang. Sistemnya, dijual dengan target tertentu. Nanti, tiap bulan dihitung dan mendapatkan bonus,” tutur E.

Menurut E, bisnis seperti itu tidak layak untuk masuk ke ruang pendidikan. Sebab, dengan begitu anak-anak dengan mudah menjual barang-barang pribadi untuk mencapai target. Padahal, kata dia, bonusnya pun tidak terlihat berapa jumlah yang didapat.

“Sempat gadein laptop juga, kan itu udah keterlaluan. Masa anak saya jadi sering menjual apa saja untuk membeli produk MLM itu,” ungkap E mengeluh.

“Saya juga berharap ada tindakan yang dilakukan pihak sekolah mengatasi hal tersebut,” pesan E.

Senada, Kakak dari siswi yang menjual laptop (H), Fikri yang mengaku telah mengetahui adiknya terjun dalam bisnis tersebut sejak lama. Namun, Fikri tidak mengatakan pihak sekolah, dalam hal ini pengajar di sekolah telah lalai dalam menjaga anak didiknya.

“Pihak sekolah segera melakukan penyuluhan untuk menghindari korban yang semakin bertambah,” ungkap Fikri

Sedangkan, guru matematika MA tersebut, Taqwim sejak lama juga ingin membongkar hal tersebut. Saat ini, kata Taqwim, pihak sekolah berencana untuk mengimbau seluruh siswa untuk tidak ikut dalam bisnis tersebut.

“Pas upacara bendera hari Senin nanti kita menghimbau siswa untuk tidak melakukan kegiatan perekrutan siswa MLM lagi. Juga, dewan guru akan mengadakan rapat terkait hal tersebut,” tandasnya. (cr1)

You may also read!

Pedagang Kemirimuka Depok Banding

DEPOK – Perjuangan pedagang Pasar Kemirimuka, sedikit goyang dalam mempertahankan tanah negara dari PT Petamburan Jaya Raya (PJR). Pengadilan

Read More...

Daftar ke RSUD Depok Cukup Via Online

DEPOK – Warga Depok kembali dimanjakan saat membutuhkan layanan RSUD Depok. Kemarin, RSUD yang berada di Kecamatan Sawangan tersebut

Read More...

40 Restoran Belum Bayar Pajak

DEPOK – Bisnis kuliner di Depok meningkat terus dalam tiga tahun terakhir. Namun tak semua pengusaha restoran di kota

Read More...

Mobile Sliding Menu