Sebulan TMMD Garap Cipayung, Kota Depok

In Metropolis
IRWAN/ RADAR DEPOK
CEK PENGOBATAN GRATIS : Walikota Depok Mohammad Idris (kiri) didampingi Kasdam Jaya Brigjen TNI Suharyanto dan Dandim 0508/ Depok Inf. Iskandarmanto saat memgecek pengobatan gratis di Lapangan Jembatan Serong usai melaksanakan upacara pembukaan TMMD ke 103, di Kexamatan Cipayung, Senin (15/10).

DEPOK – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 pada Tahun 2018 resmi dibuka, di Lapangan Serong, Kecamatan Cipayung, Senin (15/10). Giat tersebut, bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat selama satu bulan di Kelurahan Cipayung.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan, TMMD ini mempunyai arti yang sangat penting, dalam hal memecahkan kesulitan sosial yang dihadapi oleh masyarakat.” Kita merasa bersyukur. Ditengah-tengah kita ada prajurit dan masyarakat yang mempunyai rasa kepedulian tinggi terhadap lingkungan,” ujar Idris kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Menurut walikota, Kemanunggalan TNI dan rakyat dengan dukungan dari pemerintah merupakan hal yang sangat penting, dalam mengatasi pemerataan pembangunan, khususnya di Kota Depok. “Melalui kegiatan TMMD ini marilah wujudkan kerjasama masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan,” terangnya.

Hasil yang telah dicapai dalam kegiatan TMMD tahun ini yang melibatkan pemerintah daerah. Pertama, kegiatan fisik berupa pengerasan Jalan Lembah Griya Indah RT1/RW9 Kelurahan Cipayung Jaya, Kecamatan Cipayung dengan panjang 190 meter dan lebar 3 meter. Dua, pengerukan tanah yang masuk badan sungai Kali Baru, di RT10/RW1 Kelurahan Cipayung Jaya, Kecamatan Cipayung dengan panjang 150 meter.

Kegiatan fisik di TMMD tahun ini, akan mendapatkan bantuan dari gubernur yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat Tahun 2018. Bantuan itu dalam bentuk bantuan material, untuk rehabilitasi jalan lingkungan pengaspalan dengan panjang 200 meter dan lebar 2 meter, di wilayah RT01/RW08 Kelurahan Cipayung.

“Kegiatan TMMD yang berlangsung selama 30 hari ini, tidak hanya mencakup kegiatan yang bersifat fisik namun juga meliputi aspek kegiatan non fisik. Yaitu kegiatan penyuluhan dengan materi RW layak anak atau RW ramah anak,” kata dia.

Penyuluhan bahaya narkoba, tertib lalulintas, kenakalan remaja, kerukunan umat beragama. Selanjutnya, hidroponik, kesehatan lingkungan, Keluarga Berencana (KB) dan Kartu Identitas Anak (KIA), kedisiplinan, bahaya terorisme dan radikalisme, wawasan kebangsaan, penanggulangan KDRT, pembelajaran bahasa inggris dan mendongeng. “Dari hasil penyuluhan tersebut diharapkan dapat menambahkan pengetahuan bagi masyarakat khususnya, diwilayah Kecamatan Cipayung,” tambahnya.

Dalam rangka mendukung kegiatan TMMD tahun ini akan diselenggarakan juga pelayanan kesehatan gratis, pelayanan KB, bazar dan lain sebagainya.

“Semoga dengan adanya TMMD ini masyarakat dapat merasakan langsung hasil kegiatan yang dilaksanakan secara bersama-sama. Saya menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga sebaik-baiknya hasil pembangunan yang telah dilakukan pada TMMD,” bebernya.

Di lokasi yang sama, Kasdam Jaya Brigjen TNI Suharyanto mengatakan, salah satu tugas TNI adalah memberdayakan wilayah pertahanan. Bentuk kongkrit di lapangan adalah TNI manunggal membangun desa.

Jadi, kegiatan ini merupakan salah satu sumbangsih TNI pada bangsa dan negara, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat berupa kegiatan fisik dan non fisik. Sepertim, penyuluhan narkoba bela negara.

Lebih lanjut, Kasdam Jaya mengatakan, dengan kegiatan TMMD ke 103 ini berharap Indonesia semakin maju dan sejajar dengan negara lainnya.

Kegiatan TMMD di Depok, memang lebih ditekankan pada kegiatan non fisik. Karena Depok merupakan wilayah perkotaan jadi sasaran fisik sudah dapat dicover oleh APBD.

“Tingkat pendidikannya, pemahamannya, juga lebih bagus jika dibandingkan dengan daerah lainnya yang lebih membutuhkan sasaran fisik dari TNI,” ujarnya.(irw)

You may also read!

Pemkot Depok Gugat Petamburan, Fokus Persiapkan Materi Gugatan

DEPOK – Pemkot Depok tidak diam dalam memperjuangkan Pasar Kemirimuka. Pasca putusan sidang Derden Verzet sengketa lahan Pasar Kemirimuka,

Read More...

Cuaca Buruk, Harga Beras di Depok Naik

DEPOK – Cuaca buruk di sejumlah daerah, berdampak pada kenaikan harga beras di Kota Depok. Meski tidak begitu besar,

Read More...

TMMD Ke-103 Depok Rampung

DEPOK – Kurang lebih 30 hari pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103, di Kecamatan Cipayung, resmi selesai

Read More...

Mobile Sliding Menu