SDSN Perjuangan Terpadu Depok Raih PBKP-KS Jabar

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
KANTIN SEHAT: Kepala SD Standar Nasional (SDSN) Perjuangan Terpadu, Rita Marliana (tengah) bersama Guru UKS dan wali kelas memperlihatkan Piagam Bintang Satu Keamanan Pangan untuk Kantin Sekolah dari BPOM Jawa Barat.

DEPOK – SD Standar Nasional (SDSN) Perjuangan Terpadu meraih penghargaan Piagam Bintang Satu Keamanan Pangan untuk Kantin Sekolah (PBKP-KS) dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Jawa Barat.

Kepala SDSN Perjuangan Terpadu, Rita Marliana mengatakan, PBKP-KS merupakan salah satu bentuk apresiasi Badan POM untuk sekolahnya yang sudah menerapkan prinsip keamanan pangan yang meliputi higienitas pengolah pangan, penanganan dan penyimpanan pangan, pengendalian hama dan sanitasi tempat dan perlatannya.

“Semua unsur itu sudah kami terapkan, termasuk kepedulian besar terhadap produk jajanan yang disajikan juga tidak mengandung bahan berbahaya,” katanya kepada Radar Depok.

Rita menjelaskan, sekolahnya sudah mulai dinilai sejak Maret 2018. kemudian bulan ini baru dikeluarkan piagam tersebut. Untuk mendapatkan PBKP-KS tidak mudah, pihak SDSN Perjuangan Terpadu banyak melakukan peruban terhadap kantin di sekolah.

Sementara itu, Guru UKS, Rahmawati menuturkan, dalam menjaga kebersihan kantin, pihak sekolah memiliki guru UKS yang bekerjasama dengan wali kelas dan pedagang kantin rutin mengadakan evaluasi tentang jajanan yang diperjual belikan di kantin sekolah.

“Minimal sebulan sekali, jadi kalau ada makanan yang dijual tidak sesuai aturannya kami langsung diskusikan dan ditegur,” tuturnya.

Menurutnya, pendidikan yang layak tanpa ditunjang dengan kebersihan dan kesehatan di lingkungan sekolah tidak ada artinya. Dengan PBKP-KS ini, diharapkan dapat mendorong siswa untuk tidak mengkonsumsi makanan di luar sekolah.

“Kantin harus lebih maksimal lagi memberikan pelayanan dan variatif dalam menyajikan makanan supaya anak tidak bosen. Disini juga kalau ada makanan yang baru akan dijual, harus dicek oleh guru UKS,” tutup Rahmawati. (san)

You may also read!

SMK Arrahman Lepas 323 Siswa

PELEPASAN DAN PERPISAHAN: Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Arrahmaniyah menggelar pelepasan dan perpisahan Peserta Didik Kelas Akhir Tahun Pelajaran 2018/2019,

Read More...

Awas Kabel Listrik Menjuntai

WASPADA : Kabel PLN lunglai di Jalan Naman Iskandar Cakra Limo Kelurahan/Kecamatan Limo, kemarin. Foto : SANI/RADAR DEPOK RADARDEPOK.COM, DEPOK-Petugas

Read More...

Giant Express Cinere Ludes

RAMAI: Warga berbondong-bondong berburu diskon di Giant Express Cinere mall, kemarin. Foto : RUBIAKTO/RADAR DEPOK RADARDEPOK.COM, DEPOK-Memanfaatkan Giant yang akan

Read More...

Mobile Sliding Menu