Sambut Dunia Industri, Ikuti Pelatihan Pengelasan

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
Koordinastor WRC Metalurgi dan Material FT UI bersama teknisi dan puluhan siswa lulusan SMK berfoto bersama usai melaksanakan pelatihan pengelasan di ruang praktik MRC lantai 1 FT UI (18/10).

DEPOK – Puluhan siswa SMK di Kota Depok mengikuti pelatihan peningkatan kompetensi pengelasan yang diprakarsai oleh dosen Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI) sebagai  salah satu bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam kegiatan pengabdian masyarakat (18/10).

Kepala Koordinator Welding Research Centre Dept. Metalurgi dan Material FT UI, Sunoto Mudiantoro mengatakan, pelatihan Welding atau Las ini bertujuan untuk menambah kemampuan peserta didik yang baru lulus ini dalam dunia industri.

“Ini merupakan kegiatan rutin tahunan kami dalam konteks pengabdian masyarakat, kali ini sasarannya anak SMK di Kota Depok yang dianggap sangat membutuhkan pelatihan ini untuk bekal mereka saat terjun di dunia industri,” katanya kepada Radar Depok.

Ia menjelaskan, kegiatan yang digelar selama tiga hari ini berisi teori dan praktek yang sudah sesuai dengan standar dalam dunia industri. Pengelasan industri di Indonesia pun masih menjadi keahlian yang langka dan mahal, untuk itu sangat diperlukan tenaga ahli yang profesional baik dalam maupun luar negeri.

“Tenaga welder dari Indonesia sangat diminati negara-negara maju seperti Jepang dan Jerman. Hal ini menjadi kesempatan yang baik bagi siswa SMK untuk belajar pengelasan yang baik.” lanjut Sunoto.

Dalam kegiatan pengabdian masyarakat FT UI ini terdiri dari Ketua Tim yang dipimpin oleh Kepala Welding Research Centre Dept. Metalurgi dan Material FT UI, Winarto. Koordinator WRC, Sunoto Mudiantoro, Ahamd Ashari, Sumaryono, dan Siswanto.

Ditemui di lokasi pelatihan di Gedung MRC, lantai 1, FT UI, salah satu peserta lulusan SMK Al Muhtadin, Muhammad Rizki Fitrullah merasakan pengalaman baru saat mengikuti pelatihan ini, pasalnya, dia baru pertama kali memegang mesin las dan mempraktekkannya langsung.

“Saya tertarik ikut pelatihan ini untuk menambah pengalaman dan wawasan baru, walaupun bertolak belakang dengan jurusan saya saat sekolah yakni Teknik Komputer Jaringan,” tutup Rizki. (san)

You may also read!

Pemkot Depok Gugat Petamburan, Fokus Persiapkan Materi Gugatan

DEPOK – Pemkot Depok tidak diam dalam memperjuangkan Pasar Kemirimuka. Pasca putusan sidang Derden Verzet sengketa lahan Pasar Kemirimuka,

Read More...

Cuaca Buruk, Harga Beras di Depok Naik

DEPOK – Cuaca buruk di sejumlah daerah, berdampak pada kenaikan harga beras di Kota Depok. Meski tidak begitu besar,

Read More...

TMMD Ke-103 Depok Rampung

DEPOK – Kurang lebih 30 hari pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103, di Kecamatan Cipayung, resmi selesai

Read More...

Mobile Sliding Menu