Rumah Cimanggis Sulit Diakses

In Metropolis
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
MANGKRAK: Situs bersejarah Rumah Cimanggis yang berada di kawasan Kecamatan Sukmajaya nampak tidak terawat.

DEPOK – Meski Rumah Cimanggis sudah ditetapkan menjadi cagar budaya oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok merujuk Surat Keputusan (SK) Walikota Nomor 593/289/Kpts/Disporyata/Huk/2018, Tanggal 24 Septembet 2018 Tentang Penetapan Bangunan Cagar Budaya Gedung Tinggi Rumah Cimanggis, namun bangunan tua yang dibangun pada 1775 kini sulit dikunjungi.

Sebab, lokasi rumah tua tersebut berada di kawasan Radio Republik Indonesia (RRI), Kecamatan Sukmajaya. Hal ini membuat protes para sejarawan. Terutama Yayasan Lembaga Cornelis Chastelein (YLCC).

YLCC meminta kepada Pemerintah Depok untuk membuat plang bahwa Rumah Cimanggis sudah menjadi cagar budaya.

            Agak susah juga masuk saja, (padahal) kan sudah cagar budaya pemkot,” kata Koordinator Aset dan Sejarah YLCC, Ferdy Jonathans kepada Radar Depok.

Rumah yang dibangun pada tahun 1775 oleh Gubernur Jend.VOC Petrus Albertus van der Parra untuk istrinya Andrianna Yohanna Bake, kata Ferdy, perlu diperhatikan oleh pemerintah. Jangan sampai sudah dijadikan cagar budaya tetapi tidak terawat atau menambah kerusakan yang ada.

“Kami minta pemkot pasang plang. Jadi kita bebas ke sana,”tegasnya.

Menanggapi keluhan ini, Kepala Bidang Pariwisata dan Budaya Disporyata, Yelis Rosdina mengatakan, sudah ada rencana membuat plang bahwa Rumah Cimanggis telah menjadi cagar budaya.

Meski begitu, tentunya pemkot harus meminta izin dan berkoordinasi dengan pihak Kementerian Agama RI.

Sebab, kata dia, Rumah Cimanggis berdiri di atas lahan RRI yang kini sudah menjadi milik Kemenag RI.

“Kami (pemkot, red) mau pasang papan cagar budaya dan bersih-bersih Rumah Cimanggis juga koordinasi ke Kemenag dulu. Ini kami tidak tahu diperbolehkan atau tidak,” kata Yelis. (irw)

You may also read!

Porsigal Cinere Jalani TC

DEPOK – Berbagai persiapan dilakukan perguruan Pendidikan Olah Raga Silat Indah Garuda Loncat (Porsigal) Cinere menghadapi kejuaraan Pakubumi Open

Read More...

Lapbas Jabar Peduli Korban Tsunami Selat Sunda

DEPOK – Dibawah kepemimpinan Iswandi, DPD Laskar Pendekar Banten Sejati (Lapbas) Jawa Barat (Jabar) membuat gebrakan di awal 2019.

Read More...

Tim Akar Rumput Nobar Debat Pilpres

  DEPOK – Tim Akar Rumput (TAR) Kota Depok menghadiri acara nonton bareng debat Capres dan Cawapres 2019, yang

Read More...

Mobile Sliding Menu