Relawan Bogor dan Depok Blusukan ke Kecamatan Kulawi, Telusuri Jalan Terisolir, Berikan Bantuan di Namo-Bolapapu

In Utama
DICKY/RADARDEPOK
PEDULI: Relawan Bogor dan Depok memberikan bantuan kepada masyarakat Desa Namo dan Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi Induk, Kabupaten Sigi, kemarin (17/10).

Kulawi merupakan salah satu kecamatan, Kabupaten Sigi, yang berada di atas gunung berdekatan dengan Danau Lindu. Pasca gempa bumi yang mengakibatkan longsor sehingga wilayah tersebut terisolisir karena akses jalannya sempat tertutup. Ironisnya, semenjak terbukanya jalur belum ada dokter kesehatan yang datang, sehingga Relawan Bogor dan Depok mendatangi tempat tersebut.

 Laporan : Dicky Agung Prihanto Palu

 Pukul 08.00 WITA, Relawan Bogor dan Depok bergerak menuju Desa Namo dan Desa Bolapalu, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi. Cerita dari warga sekitar, desa tersebut belum banyak tersentuh bantuan, karena Kecamatan Kulawi sempat terisolir akibat gempa bumi dan longsor.

Perjalanan ke wilayah Kulawi Relawan Bogor dan Depok harus bersabar. Akses jalan menuju wilayah tersebut banyak yang rusak. Tidak hanya itu, enam titik timbunan longsor seakan menyambut kedatangan kami. Tantangannya, titik longsor berdekatan langsung dengan jurang kedalaman hingga 25 meter dan jalan hanya dapat dilalui satu kendaraan saja.

Memakan waktu tiga jam, akhirnya Tim Relawan Bogor dan Depok sampai dititik lokasi Desa Namo dan Bolapapu. Kedatagan tim disambut baik ketua RT3 Dusun Satu Desa Bolapapu. Bernard mengatakan, Desa Bolapapu dan Desa Namo mengalami kerusakan yang cukup parah diakibatkan gempa bumi. Tidak sedikit, warga harus mengungsi dan mendirikan tenda ditempat yang aman.

“Ada 40 rumah warga yang mengalami rusak berat sehingga tidak aman untuk ditempati,” ujar Bernard.

Pria paruh baya tersebut mengungkapkan, semenjak Jalan Poros Palu-Kulawi tertutup akibat longsor yang menimbun jalan tersebut, warga di dua desa tersebut harus bertahan hidup dengan memanfaatkan sisa makanan yang ada ditambah dengan hasil pertanian. Dia bersyukur bantuan datang melalui helikopter untuk mendistribusikan kebutuhan pokok. Namun dia menyayangkan, pasca gempa bumi belum ada tim dokter yang mendatangi desa tersebut.       Menurutnya, tim kesehatan yang datang hanya perawat, padahal desanya membutuhkan dokter untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Bersyukur Relawan Bogor dan Depok hadir melakukan pemeriksaan lengkap dengan dokter hingga ahli patah tulang Cimande,” terang Bernard.

Sementara itu, perwakilan Relawan Bogor dan Depok dari ahli patah tulang Cimande usai memberikan bantuan, Maman Abdurrahman menuturkan, kesehatan warga korban gempa bumi dan tsunami merupakan prioritas Relawan Bogor dan Depok memberikan bantuan. Apalagi warga korban pasca bencana masih tinggal didalam tenda dan belum memiliki tempat mandi cuci kakus yang layak.

“Kami ingin membantu kesehatan masyarakat untuk dapat beraktifitas kembali,” ucap pria bertubuh gempal.

Tidak hanya itu saja, lanjut Maman Relawan Bogor dan Depok memberikan bantuan berupa pampers bayi untuk Desa Desa Namo dan Desa Bolapapu. Dia berharap, bantuan yang diberikan Relawan Bogor dan Depok dapat meringankan beban warga terdampak gempa bumi di Kabupaten Sigi, khususnya Desa Namo dan Desa Bolapapu.

“Kami ingin membantu saudara kita dan semoga saudara kita yang terkena musibah dapat bangkit kembali,” tutup Maman dengan tersenyum. (*)

You may also read!

Pemkot Depok Gugat Petamburan, Fokus Persiapkan Materi Gugatan

DEPOK – Pemkot Depok tidak diam dalam memperjuangkan Pasar Kemirimuka. Pasca putusan sidang Derden Verzet sengketa lahan Pasar Kemirimuka,

Read More...

Cuaca Buruk, Harga Beras di Depok Naik

DEPOK – Cuaca buruk di sejumlah daerah, berdampak pada kenaikan harga beras di Kota Depok. Meski tidak begitu besar,

Read More...

TMMD Ke-103 Depok Rampung

DEPOK – Kurang lebih 30 hari pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103, di Kecamatan Cipayung, resmi selesai

Read More...

Mobile Sliding Menu