Puasa Air Kunci Keberhasilan Syafbirul-Gatot

In Depok Sport
KONI KOTA DEPOK FOR RADAR DEPOK
RAGAKAN : Syafbirul Binaragawan Kota Depok untuk kelas 95kg+ di Porda 2018

BOGOR – Puasa air menjadi kunci keberhasilan Duo Binaragawan Kebanggan Kota Depok, Syafbirul dan Gatot Suherman dalam perhelatan Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat XIII di Kabupaten Bogor.

Selama menjalani puasa air, mereka tidak minum sampai hari pelaksanaan pertangdingan.

Alhasil, Syafbirul berhasil merebut sekeping medali perak dari nomor 95 kg+. Sementara, Gatot mengantongi medali perunggu dari nomor 80 kg.

“Puasa air ini merupakan tahap terberat dari persiapan menghadapi Porda 2018. Namun kami bersyukur, pengorbanan ini membawakan hasil yang cukup memuaskan,” ujar Gatot kepada Harian Radar Depok, kemarin (16/10).

Gatot memulai ritual puasa air sejak seminggu sebelum pelaksanaan pertandingan, atau terhitung sejak 7 Oktober 2018. Namun, dia belum seluruhnya menghentikan asupan air putih,

“Sekitar tiga hari pertama, saya masih minum air putih secangkir untuk seharian,” terang Gatot.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, mereka menyerap air dari buah-buahan yang wajib mereka konsumsi setiap hari.

“Sekitar 2-3 kilo buah kaya nutrisi dan air, seperti apel, pir, melon dan semangka,” imbuhnya.

Sementara itu, ritual yang agak berbeda dijalani oleh Birul. Dalam persiapannya menghadapi Porda 2018, Birul baru memulai puasa air tiga hari sebelum pertandingan.

“Selama tiga hari ini, tubuh hanya mengeluarkan air. Tanpa menerima asupan air putih sama sekali,” jelas Birul.

Untuk mecegah lemas di pertandingan akibat kurang cairan, Birul mengisi penuh perutnya dengan karbohidrat di pagi hari pertandingan. Dia pun melahap nasi, ayam, buah dan makanan kaya karbohidrat lainnya.

Meski gagal meraih prestasi puncak di Porda 2018, Birul dan Gatot mengaku bersyukur atas medali yang mereka peroleh. Sebab, paling tidak mereka berhasil mempersembahkan medali untuk Kota Depok.

“Mudah-mudahan ini yang terbaik,” harap mereka.

Mereka bertekad menjadikan hasil Porda 2018 sebagai pelajaran berharga demi meraih prestasi puncak di kompetisi selanjutnya. Sementara ini, mereka fokus menempa diri untuk menghadapi Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan berlangsung pada 2019.

“Semoga, PABBSI Kota Depok dan Pemkot Depok terus memberikan dukungannya kepada kami. Sehingga kami dapat mempersembahkan prestasi yang lebih baik lagi,” pungkas mereka.(mg2)

You may also read!

Porsigal Cinere Jalani TC

DEPOK – Berbagai persiapan dilakukan perguruan Pendidikan Olah Raga Silat Indah Garuda Loncat (Porsigal) Cinere menghadapi kejuaraan Pakubumi Open

Read More...

Lapbas Jabar Peduli Korban Tsunami Selat Sunda

DEPOK – Dibawah kepemimpinan Iswandi, DPD Laskar Pendekar Banten Sejati (Lapbas) Jawa Barat (Jabar) membuat gebrakan di awal 2019.

Read More...

Tim Akar Rumput Nobar Debat Pilpres

  DEPOK – Tim Akar Rumput (TAR) Kota Depok menghadiri acara nonton bareng debat Capres dan Cawapres 2019, yang

Read More...

Mobile Sliding Menu