Program Field Trip Jari Kecil Depok Jelajah Katulampa, Bogor

In Satelit Depok, Wilayah Depok
PEBRI/RADAR DEPOK
DEKAT DENGAN ALAM: Siswa-siswa Jari Kecil sedang melakukan hiking dalam kegiatan Field Trip yang diadakan di kawasan Katulampa, Kota Bogor.

DEPOK – Cuaca panas menghiasi kawasan Bendungan Katulampa, Kota Bogor. Tampak sekitar 30 siswa-siswa dari PAUD-SPS Jari Kecil berbaris rapi menelusuri jalan aspal yang lebarnya sekitar tiga meter. Ditemani lima gurunya, siswa berbaris menuju kawasan mendaki di bukit-bukit sekitaran Katulampa.

Setelah menelusuri jalan aspal selama 15 menit, jalanan sudah mulai berubah menjadi beralaskan tanah. Jalan setapak dengan kiri-kanan rumah-rumah penduduk, terus ditelusuri siswa-siswa yang rentan usianya antara 3-7 tahun. Dengan dibantu guide dari lokasi wisata yang dituju, yakni Hiking Bocah, siswa semakin diajak menelusuri hamparan perkebunan luas.

Mulai dari kebun singkong, sayur-sayuran sampai ilalang menghiasi kanan kiri jalan setapak beralaskan tanah. Tidak sedikit penduduk setempat sedang berkebun di tanah yang terhampar luas. Jalanan yang cukup mendaki cukup membuat siswa kelelahan, dan membuat harus perjalanan dihentikan untuk beristirahat.

Semakin kedalam, jalanan semakin menanjak layaknya melalui sebuah perbukitan. Berjalan di pematang perkebunan, melintasi sungai-sungai kecil dengan jembatan kayu diatasnya. Memberikan suasana baru untuk siswa. Sampai di istirahat kedua, siswa diajak untuk beristirahat lagi dengan menikmati air kelapa.

Diantara guru yang mengawasi anak-anak, ada Programmer PAUD-SPS Jari Kecil, Anastasia. Dikesempatan tersebut, Anastasia mengatakan, siswa-siswanya memang terbiasa untuk diajak berjalan menelusuri lingkungan di sekitar sekolah. Oleh karena itu, kegiatan Field Trip tersebut bisa dilalui siswanya dengan lancar.

“Tidak berhenti di kegiatan hiking saja, setelah berjalan sekitar 2 jam, siswa dilanjutkan dengan kegiatan mencari ikan dan rafting di Sungai Ciliwung, tepatnya di sekitaran Bendungan Katulampa,” katanya.

Kegiatan Field Trip tersebut, sudah menjadi program rutinitas di Jari Kecil, yang diadakan tiga bulan sekali. Tetapi, untuk lokasinya dan tema berbeda-beda tiap kegiatannya. Intinya adalah memberikan edukasi ke siswa, dengan cara keluar sekolah, agar siswa jadi lebih memahami lingkungan sekitar mereka.

“Kami tidak hanya sekedar memberikan pengetahuan umum saja, tetapi kami juga ingin siswa di Jari Kecil menjadi mandiri dan memiliki karakter yang baik,” katanya. (peb)

You may also read!

Pemkot Depok Gugat Petamburan, Fokus Persiapkan Materi Gugatan

DEPOK – Pemkot Depok tidak diam dalam memperjuangkan Pasar Kemirimuka. Pasca putusan sidang Derden Verzet sengketa lahan Pasar Kemirimuka,

Read More...

Cuaca Buruk, Harga Beras di Depok Naik

DEPOK – Cuaca buruk di sejumlah daerah, berdampak pada kenaikan harga beras di Kota Depok. Meski tidak begitu besar,

Read More...

TMMD Ke-103 Depok Rampung

DEPOK – Kurang lebih 30 hari pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103, di Kecamatan Cipayung, resmi selesai

Read More...

Mobile Sliding Menu