Pemkot Depok akan Pertahankan 10 Persen Lahan Pertanian

In Metropolis
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
MANDIRI: Petani melakukan aktivitas di lahan pertaniannya di kawasan Grogol, Kecamatan Limo. Pemerintah kota akan berusaha mempertahankan 10 persen lahan pertanian yang ada.

DEPOK – Pemkot Depok berkomitmen mempertahankan lahan pertanian yang kini tersisa 10 persen dari luas lahan yang ada di Kota Depok.

Upaya mempertahankan lahan pertanian dilakukan pemkot dengan mendukung para petani untuk tumbuh dan memasarkan hasil komoditas mereka.

“Di Depok sampai saat ini masih ada 10 persen lahan pertanian yang masih bisa dimanfaatkan dan akan kita jaga untuk terus dipertahankan,” kata Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna kepada Radar Depok di Balaikota, Jumat (5/10).

Selain itu, kata dia, masih banyak pula lahan tidur, yang tidak dimanfaatkan dan jumlahnya masih jauh lebih luas.

“Persoalan lahan itu milik siapa dan boleh tidaknya dimanfaatkan untuk pertanian, kita tidak tahu dan akan kami data lagi. Kami berharap, tanah investor tersebut bisa dimanfaatkan warga sementara waktu, karena hasilnya cukup menjanjikan,” kata Pradi.

Menurutnya, banyaknya lahan tidur di Depok yang bisa dimanfaatkan untuk pertanian seperti di daerah Kecamatan Tapos, Sawangan, dan Limo.

Kedepan, kata Pradi, pemkot terus mendorong dan mendukung petani agar melestarikan serta mempertahankan hasil budidaya mereka, baik pertanian maupun hasil perikanan.

“Yang ingin kami kedepankan tanah pinjam milik investor. Kita buat lahan hortikultura karena bisa cepat panen. Artinya dari pemkot juga akan mengawal dari awal sampai akhir,” katanya.

Berdasarkan data Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Depok, lahan persawahan di Depok masih 112 hektar dan belimbing 90 hekatar.

Luas lahan itu tidak dilihat secara hamparan, tapi secara terpisah berada di lima kecamatan. Lima kecamatan ini antara lain, Kecamatan Tapos, Cimanggis, Bojongsari, Sawangan, dan Kecamatan Cilodong.

“Masih ada di lima kecamatan, kecuali di Kecamatan Limo,” ucap kepala DKP3, Farah. (irw)

You may also read!

Pedagang Kemirimuka Depok Banding

DEPOK – Perjuangan pedagang Pasar Kemirimuka, sedikit goyang dalam mempertahankan tanah negara dari PT Petamburan Jaya Raya (PJR). Pengadilan

Read More...

Daftar ke RSUD Depok Cukup Via Online

DEPOK – Warga Depok kembali dimanjakan saat membutuhkan layanan RSUD Depok. Kemarin, RSUD yang berada di Kecamatan Sawangan tersebut

Read More...

40 Restoran Belum Bayar Pajak

DEPOK – Bisnis kuliner di Depok meningkat terus dalam tiga tahun terakhir. Namun tak semua pengusaha restoran di kota

Read More...

Mobile Sliding Menu