Lima Puskesmas di Depok Layani Balita Gizi Buruk

In Metropolis
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
MENINGKATKAN GIZI BALITA: Sejumlah pasien menunggu di ruang pelayanan Puskesmas Pancoranmas, Jalan Pemuda, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas, kemarin. Sampai saat ini ada lima puskesmas di Kota Depok memiliki layanan Pusat Pemulihan Gizi (PPG) bagi balita.

DEPOK – Warga Kota Depok yang memiliki balita kurang gizi tidak perlu khawatir dalam hal mengeluarkan kocek dana untuk berobat.

Pemerintah Kota Depok telah memiliki pelayanan kesehatan di lima puskesmas yakni layanan pusat pemulihan gizi (PPG) bagi balita.

Lima puskesmas yang sudah memiliki layanan PPG antara lain, Puskesmas Cimanggis, Puskesmas Bojongsari, Puskesmas Sawangan, Puskesmas Tapos, dan Puskesmas Pancoranmas.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Depok, May Haryanti mengatakan, PPG ini pelayanan yang diberikan kepada balita tumbuh kejar dengan sistem layanan rawat jalan.

Di PPG diisi oleh tim kesehatan yang sudah terlatih sehingga bayi yang kurang gizi bisa ditangani di puskesmas tersebut.

Dalam pelayanan untuk menstabilkan berat badan PPG memberikan arahan kepada orang tua. Seperti diberikan susu tambahan, serta makanan tambahan yang memiliki kandungan lebih.

“Tentu upaya ini untuk meningkatkan status gizi balita tersebut,” tutur May.

May mengatakan, jika ditemukan balita tumbuh kejar yang disebabkan oleh suatu penyakit, puskesmas setempat akan memberikan rujukan.

Selanjutnya, apabila penyakit tersebut berangsur pulih, balita tumbuh kejar akan mendapatkan perawatan khusus untuk meningkatkan status gizi.

May berpesan kepada masyarakat yang memiliki balita dengan status gizi kurang dapat melaporkan ke puskesmas setempat.

Dengan begitu, nantinya akan memperoleh perawatan khusus agar pertumbuhan balitanya dapat optimal.

“Jangan segan untuk datang ke puskesmas, karena perawatan ini gratis dan akan didampingi hingga balita mengalami status gizi baik,” kata dia.

Terpisah, Pejabat Teknis Puskesmas Pancoranmas, Ninggsih mengatakan, layanan PPG di Puskesmas Pancoranmas sudah ada untuk layananya dibuka pada Rabu setiap minggunya. “Layanan PPG ini gratis,” ucap Ninggsih. (irw)

You may also read!

Pedagang Kemirimuka Depok Banding

DEPOK – Perjuangan pedagang Pasar Kemirimuka, sedikit goyang dalam mempertahankan tanah negara dari PT Petamburan Jaya Raya (PJR). Pengadilan

Read More...

Daftar ke RSUD Depok Cukup Via Online

DEPOK – Warga Depok kembali dimanjakan saat membutuhkan layanan RSUD Depok. Kemarin, RSUD yang berada di Kecamatan Sawangan tersebut

Read More...

40 Restoran Belum Bayar Pajak

DEPOK – Bisnis kuliner di Depok meningkat terus dalam tiga tahun terakhir. Namun tak semua pengusaha restoran di kota

Read More...

Mobile Sliding Menu