Kondisi Masjid Al Hidayah Diterjang Bencana Tsunami Tertahan di Halaman Masjid, Bangunan Hanya Retak-retak

In Utama
DICKY/RADARDEPOK
KUASA TUHAN : Masjid Al Hidayah yang berada di Jalan Dipenegoro, Kelurahan Tipo, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu, hanya mengalami kerusakan kecil usai diterjang tsunami, kemarin.

Ratusan bangunan luluh lantah diamuk tsunami dan gempa bumi, yang menerjang Kota Palu pada Jumat (28/9). Namun, Masjid Al Hidayah yang berada di pinggir pantai Jalan Dipenegoro, Kelurahan Tipo, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu, masih kokoh dan hanya mengalami kerusakan kecil.

Laporan : Dicky Agung Prihanto, Palu

Menjelang salat Zuhur. Tim Relawan Bogor dan Depok singgah di Masjid Al Hidayah, yang letaknya tidak jauh dekat pantai. Hanya takjub yang dirasakan Tim Relawan Bogor dan Depok, saat melihat bangunan masjid tersebut masih berdiri kokoh. Padahal, bangunan yang berada disekitar masjid mengalami kerusakan yang cukup parah akibat gempa bumi dan tsunami.

Usai melaksanakan salat Zuhur berjamaah. Tim Relawan Bogor dan Depok menyempatkan diri berbincang didepan halaman masjid bersama pengurus Masjid Al Hidayah. Salah satu pengurus Masjid Al Hidayah, Ardi Alwarisi mengatakan, saat gempa bumi dan tsunami, dia berada di dalam masjid dan hendak melaksanakan azan salat Maghrib. Namun, saat terjadi gempa dia tengah mengumandangkan azan.

“Gempa pertama saat azan saya tetap berada di dalam masjid,” ujar pria yang juga bertugas sebagai bilal masjid.

Sambil mengingat dan duduk bersila, pria berusia 38 tahun ini mengungkapkan, gempa pertama membuat listrik mati. Tapi, dia tetap meneruskan azan hingga selesai. Saat gempa kedua, guncangan terasa keras membuat dinding masjid dan atap masjid mulai runtuh sedikit. Dikarenakan atap mulai runtuh, dia mencoba untuk keluar melihat kondisi disekitar masjid.

Sesampainya di depan masjid, lanjut Ardi dia melihat menara masjid bergucang sangat keras. Dan dia memperkirakan menara masjid akan mengalami keruntuhan. Tidak hanya itu, gulungan air laut dari arah Teluk Palu, datang kearah Masjid Al Hidayah. Ardi menggambarkan, gulungan air laut yang diperkirakan memiliki ketinggian hingga empat meter, seakan ingin menerkam puluhan bangunan yang berada disekitar Masjid Al Hidayah. Sadar akan tsunami datang kearah Masjid Al Hidayah, dia hanya dapat pasrah dan tetap bertahan di masjid.

“Subhanallah tsunami hanya sampai di halaman parkir dan tidak masuk kedalam Masjid Al Hidayah,” terang pria yang kesehariannya mengantar barang.

Pengurus masjid selama dua tahun ini menuturkan, tsunami menghantam puluhan hingga ratusan bangunan yang berada di depan dan sekitar masjid. Akibatnya, bangunan sekitar masjid porak poranda. Bahkan, kendaraan roda dua dan roda empat terbawa tsunami, hingga kedepan masjid.

Setelah air surut, Ardi berusaha mencari keluarganya dan membawa keluarganya untuk mengungsi ke lapangan mister yang terletak didataran tinggi. Setelah memastikan keluarganya mengungsi, Ardi kembali ke masjid dan melakukan pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan, Masjid Al Hidayah hanya mengalami keretakan dinding dan lantai. Namun tidak terlalu parah, sedangkan untuk bagian atas masjid hanya mengalami kerusakan sekitar 30 sentimeter.

“Saya mengira menara masjid akan runtuh, namun tidak ada kerusakan sedikitpun di menara masjid,” ucap Ardi.

Ardi merasa takjub akan kekuasaan Tuhan. Pasalnya, hanya masjid Al Hidayah yang berada di dekat pesisir pantai di Jalan Dipenegoro yang tidak mengalami kerusakan. Sedangkan ada beberapa masjid yang mengalami kerusakan cukup parah. Semenjak satu hari setelah tsunami dan hingga kemarin, Masjid Al Hidayah sudah dapat digunakan untuk salat berjamaah.(dic)

You may also read!

3.200 Guru Honor di Depok Mogok Ngajar

DEPOK – Pagi ini, ratusan guru honorer si-Kota Depok ontrog gedung DPRD Kota Depok, di Jalan Boulevard, Grand Depok

Read More...

18 Lagu Slank Rockin Fest

DEPOK – Sukses menghentak rangkaian tour Sumatera Agustus lalu. SUPERMUSIC kembali mempersembahkan event bertajuk Rockin Fest. Menariknya, Supermusic kali

Read More...

2020 Pemprov Jabar Tata Situ Depok

DEPOK – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, berencana menjadikan Depok sebagai destinasi wisata situ atau danau. Alasannya, Depok memiliki

Read More...

Mobile Sliding Menu