Kolaborasi FIA UI dengan Universitas di Jerman

In Pendidikan
IST
KERJASAMA: FIA Universitas Indonesia mendatangi tiga Universitas di Jerman dalam rangka menjalin kerjasama di bidang penelitian dan akademik keilmuan administrasi, beberapa waktu lalu.

DEPOK – Walaupun masih berumur tiga tahun sebagai sebuah fakultas, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) gencar melakukan penjajakan di beberapa negara asing. Termasuk tiga universitas ternama di Jerman, yakni Universitas Erfurt, Universitas Speyer, dan Berlin School Economic & Law (BSEL).

Dekan FIA UI, Profesor Eko Prasojo bersama rombongan menjajaki kolaborasi dalam bidang penelitian dan akademik keilmuan administrasi. Di Universitas Speyer, keduanya sepakat untuk mendatangkan Direktur German Research Institute for Public Administration Universitas Speyer, Prof. Jan Ziekow, hadir dalam konferensi internasional FIA UI pada tahun depan dan memberikan kuliah umum.

“Kesepakatan kedua, Prof. Jan mendukung mahasiswa bimbingan atau asisten risetnya inbound di FIA UI. Ketiga, menerima mahasiswa Ph.D atau dosen FIA UI outbond di Speyer dengan pembiayaan lembaga Alexander von Humbolt,” kata Prof. Eko.

Selain Prof. Eko, rombongan FIA juga terdiri dari Wakil Dekan II Retno Kusumastuti, Kerjasama Internasional Reza Fathurrahman, dan Kepala Pusat Kajian Governansi, Kebijakan Publik dan Bisnis Novita Ikasari.

Kesepakatan lain adalah FIA UI dapat mengirimkan pengabdi masyarakat untuk mendapatkan pelatihan di Speyer. Terakhir, adanya riset kolaborasi dengan topik ‘Tujuan Pembangunan Berkelanjutan’.

Sedangkan kerja sama dengan Universitas Erfurt, lanjut Prof. Eko, berpusat pada kolaborasi riset, dengan tema social innovation. Junior professor dari Universitas Erfurt juga dapat bertindak sebagai visiting scholar di FIA UI tahun depan.

“Nantinya juga mahasiswa S3 atau dosen FIA UI dapat melakukan kunjungan kolaborasi riset di Universitas Erfurt. Jadi seperti pertukaran pelajar,” ungkapnya.

Lalu ketika mengunjungi Berlin School Economic & Law (BSEL), kedua fakultas sepakat potensi membangun kerjasama melalui student mobility dan magang untuk mahasiswa kedua universitas, kerja sama penelitian di bidang entrepreneurship, green economy, financial technology dan berbagai topik lainnya.

“Ada juga pendidikan dan pelatihan bersertifikasi dalam bidang tertentu, seperti manajemen finansial untuk lembaga riset dan pendidikan.Terakhir, diharapkan kerjasama melalui student qolloquium untuk mahasiswa doktoral melalui visiting fellowship,” tutup Prof. Eko. (san)

 

You may also read!

3.200 Guru Honor di Depok Mogok Ngajar

DEPOK – Pagi ini, ratusan guru honorer si-Kota Depok ontrog gedung DPRD Kota Depok, di Jalan Boulevard, Grand Depok

Read More...

18 Lagu Slank Rockin Fest

DEPOK – Sukses menghentak rangkaian tour Sumatera Agustus lalu. SUPERMUSIC kembali mempersembahkan event bertajuk Rockin Fest. Menariknya, Supermusic kali

Read More...

2020 Pemprov Jabar Tata Situ Depok

DEPOK – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, berencana menjadikan Depok sebagai destinasi wisata situ atau danau. Alasannya, Depok memiliki

Read More...

Mobile Sliding Menu