Kepsek SDN Cilodong 2 Depok akan Diklarifikasi

In Pendidikan
Mohamad Thamrin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok

DEPOK – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Depok, Mohamad Thamrin buka suara berkaitan dengan adanya dugaan pungutan yang dikeluhkan salah satu orang tua siswa di SDN Cilodong 2.

Thamrin akan menanyakan kepada kepala sekolah (kepsek) perihal dugaan tersebut. “Kami akan coba klarifikasi dengan kepala sekolah yang bersangkutan. Meminta penjelasannya terlebih dahulu prosedur program kerja di sekolah tersebut seperti apa. Tidak bisa langsung mengambil tindakan,” kata Thamrin kepada Radar Depok di ruang kerjanya, kemarin (10/10).

Kejadian seperti ini, kata Thamrin, kerap terjadi salah paham antara pihak sekolah dengan orang tua siswa. Dia menganggap bahwa uang yang diduga pungutan tersebut merupakan dana partisipasi dari kesepakatan orang tua dan sekolah.

“Kami tidak melarang adanya dana partisipasi orang tua, namun penggunaan mekanismenya harus jelas. Program sekolah disampaikan secara transparan jika ada yang dibiayai APBN atau APBD,” katanya.

Dia mencontohkan, kegiatan sekolah yang dibiayai oleh APBN atau APBD meliputi ekstarkurikuler (ekskul) pramuka dan tambahan ekskul yang diusulkan oleh pihak sekolah dalam anggaran Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS).

“Jika orang tua meminta pihak sekolah membentuk kegiatan lain di luar anggaran, itu akan diberatkan kepada orang tua. Selain itu juga yang didanai adalah buku ajar, buku tes, dan ujian. Tetapi seragam dan ekskul harusnya orang tua paham,” sambung Thamrin.

Untuk menghindari kejadian serupa, Thamrin mengimbau agar pihak sekolah melakukan komunikasi dengan orang tua siswa setiap tiga bulan sekali. Serta tidak ada lagi kesalahpahaman antara pihak sekolah dan orang tua.

“Jangan percayakan dengan satu pengurus, semua harus tahu program sekolah. Adakan diskusi supaya orang tua juga dapat memberikan masukan kepada pihak sekolah,” tutup Thamrin. (san)

You may also read!

Penganggur di Depok Berkurang 2.000

DEPOK – Yang masih luntang-lantung belum punya kerjaan, hari ini terakhir Job Fair di Dmall, Jalan Margonda. Lowongan kerja

Read More...

Enam Titik Pohon Rawan Tumbang di Depok

DEPOK – Musim hujan disertai angin dan petir di Depok mulai sering terjadi kekiniannya. Akibatnya, beberapa pohon tumbang di

Read More...

Narkoba Depok Dikendalikan dari Cianjur

DEPOK – Badan Narkotika Nasional (BNN) Depok, berhasil mengamankan 3,1 kilogram ganja dari tangan AJ, kemarin. Kuat dugaan barang

Read More...

Mobile Sliding Menu