Keprihatinan Bidan Desa Boladangko, Ruhana Tangani Ratusan Pengungsi, Rumah Ikut Terkena Gempa

In Utama
DICKY/RADARDEPOK
BANTU: Relawan Bogor dan Depok saat memberikan bantuan obat-obatan kepada Bidan Ruhana yang tinggal di pengungsian Desa Boladangko, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, kemarin (19/10).

Di tengah pengungsian, Bidan Desa Boladangko Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Ruhana harus berbagi waktu dengan 200 orang pengungsi Desa Boladangko. Ruhana harus melayani warga yang mengalami gangguan kesehatan.

Laporan : Dicky Agung Prihanto – Palu

Lapangan terbuka yang diperuntukan pengungsian Desa Boladangko, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, terlihat Ruhana yang menjadi bidan desa tengah membantu Relawan Bogor dan Depok dalam menangani kesehatan pengungsi. Dengan telaten Ruhana membantu pengeracikan obat yang diberikan kepada masyarakat pengungsi.

Usai membantu masyarakat penanganan kesehatan, Ruhana mengatakan, sudah menjadi bidan desa sejak delapan tahun yang lalu. Bahkan dia mendapatkan jodoh dan bekeluarga di Desa Bolapapu. Ruhana mengatakan, saat ini dia bertuga di Puskesmas Kulawi dan menangani Desa Bolapapu dan Namo.

“Desa Bolapapu wilayah yang paling parah di Kecamatan Kulawi,” ujar Ruhana kepada Radar Depok, kemarin (19/10).

Perempuan satu anak ini mengungkapkan, 200 orang mengungsi ke lapangan terbuka di Desa Bolapapu. Warga yang mengungsi rumahnya mengalami kerusakan akibat gempa. Di bawah tenda pengungsian, dia kerap membantu warga yang mengalami gangguan kesehatan.

Ruhana menjelaskan, apabila ada pengungsi yang mengalami gangguan kesehatan dengan kondisi parah, dia berusaha membawa pasien tersebut ke Puskesmas Kulawi. Selain melayani masyarakat Bolapapu, Ruhana juga harus memperhatikan masyarakat Desa Namo.      Dia mengaku prihatin, pada minggu awal pasca terjadi gempa, masyarakat pengungsian belum memiliki tempat mandi, cuci, dan kakus yang memadai.

“Sekarang sudah memadai dan saya masih memperhatikan kesehatan pengungsi,” terang Ruhana.

Selain itu, lanjut Ruhana bersyukur mendapatkan mantuan medis salah satunya dari Relawan Bogor dan Depok. Dia mengapresasi bantuan yang diberikan Relawan Bogor dan Depok selain memberikan bantuan kesehatan, Ruhana mendapatkan bantuan obat dari Relawan Bogor dan Depok.

“Kami bersyukur mendapatkan obat untuk membantu kesehatan masyarakat pengungsi,” tutup Ruhana. (*)

You may also read!

Pedagang Kemirimuka Depok Banding

DEPOK – Perjuangan pedagang Pasar Kemirimuka, sedikit goyang dalam mempertahankan tanah negara dari PT Petamburan Jaya Raya (PJR). Pengadilan

Read More...

Daftar ke RSUD Depok Cukup Via Online

DEPOK – Warga Depok kembali dimanjakan saat membutuhkan layanan RSUD Depok. Kemarin, RSUD yang berada di Kecamatan Sawangan tersebut

Read More...

40 Restoran Belum Bayar Pajak

DEPOK – Bisnis kuliner di Depok meningkat terus dalam tiga tahun terakhir. Namun tak semua pengusaha restoran di kota

Read More...

Mobile Sliding Menu