Kajian Ganjil-Genap Depok Lelet

In Metropolis
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
MASIH DALAM PENGKAJIAN : Sejumlah kendaraan saat melintas di kawasan Jalan Margonda Raya, kemarin. Penerapan ganjil genap yang akan dilakukan di jalan tersebut, sampai saat ini masih dalam tahap pengkajian.

DEPOK – Gaung penerapan sistem ganjil-genap di Jalan Margonda Raya, saat weekend sabtu dan minggu sepertinya hanya angan-angan saja. Hingga kemarin, kajian yang sudah dilakukan sejak awal Agustus 2018 belum juga diselesaikan Dinas Perhubungan (Dishub) Depok.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Depok, Widiyanti Riyandani menyebutkan, sistem ganjil genap di Jalan Margonda Depok, masih dalam tahapan pengkajian Dishub Depok. Sistem ganjil-genap yang akan diterapkan untuk upaya mengatasi atau mengurangi kemacetan, dengan managemen transportasi yang diterapkan.

Kajian ganjil-genap yang dilakukan Dishub, kata Wid, intinya  evaluasi dari pelaksanaan Sistem Satu Arah (SSA), yang mana pada hari kerja berdampak positif. Namun, pada hari libur (weekend) perlu strategi lain untuk mengurangi atau mengatasi kemacetan. “Selain pelaksanaan SSA, salah satu diantaranya yang dikaji adalah tentang pengaturan ganjil genap,” terangnnya kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Ketika ditanya hasil kajian ganjil-genap Dishub Depok, Wid mengaku belum mendapatkan hasilnya. “Kalau soal selesainya kajian tanya langsung ke Dishub. Kami (Bappeda Depok) nanti akan kami minta,” ucap dia.

Sementara, Kepala Dishub Depok, Dadang Wihana tidak memberikan informasi sejauh mana kajian ganjil-genap di Jalan Margonda Depok. “Baiknya ke Kadis Dishub terkait Ganjil-Genap,” ucap Kasi Lalin Dishub, Ari Manggala.

Ari menuturkan, volume kendaraan di Jalan Margonda pada sabtu-minggu cukup padat. Terutama pada jam-jam tertentu yakni pukul 16:00 WIB hingga 20:00 WIB. “Karena banyak pusat belanja dan rumah makan,” kata Ari.

Ganjil -genap yang akan diterapkan di Jalan Margonda akan dikaji terlebih dahulu untuk memgurai kemacetan. Pernah ada wacana Jalan Margonda berbayar tapi itu tidak efektif. Namun, kata dia, ganjil-genap ini efektif mengurai kemacetan di Jalan Margonda pada Sabtu-Minggu. (irw)

You may also read!

Minat Membaca Buku Turun

RADARDEPOK.COM, BEJI-Trend membaca buku diberbagai kalangan baik dikalangan pelajar maupun masyarakat umum terus mengalami penurunan. Hal ini tak dapat

Read More...

230 Anak PAUD Keliling Dunia

RADARDEPOK.COM, BEJI – Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kecamatan Beji melepas 230 peserta didik yang akan melanjutkan pendidikan

Read More...

Digelar Rakor, Upayakan Penguatan Posyandu

RADARDEPOK.COM – Secara serentak PKK Kota Depok menggelar Rapat Konsolidasi (Rakon), begitupun Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan. Rapat yang diikuti

Read More...

Mobile Sliding Menu