Kajian Ganjil-Genap Depok Lelet

In Metropolis
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
MASIH DALAM PENGKAJIAN : Sejumlah kendaraan saat melintas di kawasan Jalan Margonda Raya, kemarin. Penerapan ganjil genap yang akan dilakukan di jalan tersebut, sampai saat ini masih dalam tahap pengkajian.

DEPOK – Gaung penerapan sistem ganjil-genap di Jalan Margonda Raya, saat weekend sabtu dan minggu sepertinya hanya angan-angan saja. Hingga kemarin, kajian yang sudah dilakukan sejak awal Agustus 2018 belum juga diselesaikan Dinas Perhubungan (Dishub) Depok.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Depok, Widiyanti Riyandani menyebutkan, sistem ganjil genap di Jalan Margonda Depok, masih dalam tahapan pengkajian Dishub Depok. Sistem ganjil-genap yang akan diterapkan untuk upaya mengatasi atau mengurangi kemacetan, dengan managemen transportasi yang diterapkan.

Kajian ganjil-genap yang dilakukan Dishub, kata Wid, intinya  evaluasi dari pelaksanaan Sistem Satu Arah (SSA), yang mana pada hari kerja berdampak positif. Namun, pada hari libur (weekend) perlu strategi lain untuk mengurangi atau mengatasi kemacetan. “Selain pelaksanaan SSA, salah satu diantaranya yang dikaji adalah tentang pengaturan ganjil genap,” terangnnya kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Ketika ditanya hasil kajian ganjil-genap Dishub Depok, Wid mengaku belum mendapatkan hasilnya. “Kalau soal selesainya kajian tanya langsung ke Dishub. Kami (Bappeda Depok) nanti akan kami minta,” ucap dia.

Sementara, Kepala Dishub Depok, Dadang Wihana tidak memberikan informasi sejauh mana kajian ganjil-genap di Jalan Margonda Depok. “Baiknya ke Kadis Dishub terkait Ganjil-Genap,” ucap Kasi Lalin Dishub, Ari Manggala.

Ari menuturkan, volume kendaraan di Jalan Margonda pada sabtu-minggu cukup padat. Terutama pada jam-jam tertentu yakni pukul 16:00 WIB hingga 20:00 WIB. “Karena banyak pusat belanja dan rumah makan,” kata Ari.

Ganjil -genap yang akan diterapkan di Jalan Margonda akan dikaji terlebih dahulu untuk memgurai kemacetan. Pernah ada wacana Jalan Margonda berbayar tapi itu tidak efektif. Namun, kata dia, ganjil-genap ini efektif mengurai kemacetan di Jalan Margonda pada Sabtu-Minggu. (irw)

You may also read!

Pemkot Depok Gugat Petamburan, Fokus Persiapkan Materi Gugatan

DEPOK – Pemkot Depok tidak diam dalam memperjuangkan Pasar Kemirimuka. Pasca putusan sidang Derden Verzet sengketa lahan Pasar Kemirimuka,

Read More...

Cuaca Buruk, Harga Beras di Depok Naik

DEPOK – Cuaca buruk di sejumlah daerah, berdampak pada kenaikan harga beras di Kota Depok. Meski tidak begitu besar,

Read More...

TMMD Ke-103 Depok Rampung

DEPOK – Kurang lebih 30 hari pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103, di Kecamatan Cipayung, resmi selesai

Read More...

Mobile Sliding Menu