Jembatan Pitara Kota Depok Diperbaiki, Jalur Dialihkan

In Metropolis
IRWAN/RADAR DEPOK
SEGERA DIPERBAIKI: Jembatan Pitara akan diperbaiki DPUPR Depok.

DEPOK – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) mulai mengerjakan perbaikan jembatan Pitara. Direncanakan jalur jalan tersebut akan ditutup sampai Desember 2018. Penutupan jalur jalan tersebut dialihkan ke Jalan Raya Sawangan atau melalui perempatan Mampang.

“Perbaikan Jembatan Pitara mulai hari ini (kemarin). Waktu penutupan, bisa siang, sore atau malam. Yang jelas hari ini mulai pengerjaan sesuai surat kontrak,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok, Manto di Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, Senin (22/10).

Pengerjaan jembatan beserta upritan akan dilakukan sepanjang 50 meter dengan konstruksi 50 centimeter lebih tinggi dari bangunan lama dan menelan anggaran Rp950 juta. “Jembatan kita tinggikan untuk menguatkan konstruksi, karena laju air kali yang ada di bawahnya kerap mengikis pijakan jembatan. Selain itu, agar kendaraan yang lewat di atasnya tidak terlalu menghentak. Makanya kami buat sedikit landai,” katanya.

Penutupan jalan total dilakukan mengingat DPUPR akan mengkonstruksi ulang bangunan jembatan. Penutupan akan berlangsung kurang lebih tiga bulan atau sampai Desember 2018 mendatang. “Ini merupakan pembangunan ulang, artinya konstruksi lama akan digantikan dengan konstruksi baru. Untuk itu, warga harap bersabar dan sama-sama mendukung program pembangunan tersebut,” bebernya.

Ia memastikan pembangunan jembatan ini awet hingga 20 tahun dengan kondisi cuaca hujan maupun panas.Bahkan, jembatan ini juga dilalui oleh truk sampah yang beratnya mencapai 10 ton. Belum lagi kendaraan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang kerap melintas dan beratnya hampir mencapai 15 ton, kami sudah antisipasi dengan pembangunan fondasi yang lebih kuat dari sebelumnya.

Pengerjaan jembatan kali ini merupakan pembangunan konstruksi baru, tentunya dengan rencana yang sangat matang. Untuk pembuatan turap juga diperhatikan sangat detail. Hal ini dilakukan agar air kali tidak mudah masuk ke rongga yang bisa menyebabkan fondasi tergerus, sehingga mengakibatkan amblesnya jembatan.

“Turapnya juga kita buat baru dan lebih kokoh. Jadi air dari kali tidak mudah masuk ke dalam rongga, yang jelas setiap jengkal konstruksi kita perhatikan detail,” jelasnya.

Salah satu warga Kelurahan Rangkapanjaya Baru Naman mengatakan bahwa sudah menerima informasi penutupan jalan. Sebab, info perbaikan jembatan sudah ramai di group Whatsap(WA). “Lama juga ya penutupnya. Kami harap lama pekerjaanya benar dan bagus,” ucap Naman. (irw)

You may also read!

Pemkot Depok Gugat Petamburan, Fokus Persiapkan Materi Gugatan

DEPOK – Pemkot Depok tidak diam dalam memperjuangkan Pasar Kemirimuka. Pasca putusan sidang Derden Verzet sengketa lahan Pasar Kemirimuka,

Read More...

Cuaca Buruk, Harga Beras di Depok Naik

DEPOK – Cuaca buruk di sejumlah daerah, berdampak pada kenaikan harga beras di Kota Depok. Meski tidak begitu besar,

Read More...

TMMD Ke-103 Depok Rampung

DEPOK – Kurang lebih 30 hari pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103, di Kecamatan Cipayung, resmi selesai

Read More...

Mobile Sliding Menu