Implementasi Program UKS, SDN Cisalak 3 Depok Lantik 30 Dokcil

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
DILANTIK: Sebanyak 30 pelajar SDN Cisalak 3 resmi menjadi Dokter Cilik (Dokcil) untuk membantu jalannya program kesehatan di sekolah, Kemarin (16/10).

DEPOK – Dalam rangka mengimplementasikan progran Usaha Kesehatan Siswa (UKS), SDN Cisalak 3 yang berlokasi di Jalan Raya Jakarta-Bogor, Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya melantik 30 siswa yang tergabung dalam Dokter Cilik (Dokcil), kemarin (16/10).

Kepala SDN Cisalak 3, Beti Nurbaeti mengatakan, melalui peran Dokcil sebagai duta kesehatan sekolah dapat membantu salah satu jalannya program di sekolah yakni budaya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Baik di lingkungan sekolah dan kepribadian para siswa.

“Tidak ada seleksi khusus bagi petugas Dokcil ini, yang penting mereka harus sehat dan kuat. Hanya yang bisa jadi Dokcil ini pelajar kelas III sampai V, karena kalau kelas VI harus fokus untuk ujian kelulusan,” kata Beti kepada Radar Depok.

Beti menjelaskan, sebelum proses pelantikan, para siswa mendapatkan pembekalan dari Unit Pelaksana Fungsi (UPF) Puskesmas Kelurahan Baktijaya. Materinya seputar kesehatan, meliputi pengetahuan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), tentang gizi dan hidup sehat, serta program UKS.

“Nantinya akan ada pembekalan dari pihak puskesmas dilakukan setahun dua kali. Untuk pelajar yang baru naik ke kelas III, akan direkrut kembali untuk menggantikan kakak kelasnya yang naik ke kelas VI,” jelasnya.

Para Dokcil, lanjut Beti, sudah mendapatkan jadwal tugas masing-masing dari Senin hingga Sabtu. Dimana setiap pekannya akan digilir jadwal tersebut secara bergantian, supaya tidak ada yang betugas di waktu yang terus-menerus sama.

“Salah satu tugasnya, misalkan siaga saat apel pagi, kalau ada siswa yang pingsan, nanti mereka yang bertugas untuk melakukan tindakan pertolongan terhadap murid tersebut,” tutup Beti. (san)

You may also read!

Pemkot Depok Gugat Petamburan, Fokus Persiapkan Materi Gugatan

DEPOK – Pemkot Depok tidak diam dalam memperjuangkan Pasar Kemirimuka. Pasca putusan sidang Derden Verzet sengketa lahan Pasar Kemirimuka,

Read More...

Cuaca Buruk, Harga Beras di Depok Naik

DEPOK – Cuaca buruk di sejumlah daerah, berdampak pada kenaikan harga beras di Kota Depok. Meski tidak begitu besar,

Read More...

TMMD Ke-103 Depok Rampung

DEPOK – Kurang lebih 30 hari pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103, di Kecamatan Cipayung, resmi selesai

Read More...

Mobile Sliding Menu