FK UPN Veteran Jakarta ke RW3, Kelurahan Depok Jaya, Berbagi Pengetahuan Tentang Cara dan Khasiat dari Toga

In Satelit Depok, Wilayah Depok
IST
BERBAGI ILMU: Fakultas Kedokteran UPN veteran Jakarta berbagi pengetahuan tentang khasiat tanaman toga kepada Kader Posyandu Kenanga RW3, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pamcoranmas, Minggu (13/10) di aula Posyandu Kenanga.

Tidak hanya sekedar memberikan edukasi ke mahasiswa saja, melalui Program Kemitraan Masyarakat, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta, juga turut mengambil peran untuk mengedukasi masyarakat. Kali ini  dari Fakultas Kedokterannya yang turun ke kawasan RW3, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas.

LAPORAN : REGI Pranata Bangun

Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta dengan Program Kemitraan masyarakat ini, dilakukan oleh para dosen Fakultas Kedokteran UNP Veteran Jakarta yang memberikan pengetahuan fungsi tanaman obat keluarga (Toga) yang dapat menjadi  obat tradisional.

Dosen Fakultas Kedokteran UNP Veteran Jakarta, Erna Harfiani, mengatakan kegiatan ini memang menjadi kegiatan rutin UNP yang diadakan sekali setahun. Menurut Erna, memberikan kebebasan pada seluruh dosen yang turut serta dalam kegiatan tersebut untuk memilih tema kegiatannya.

“Jadi kita pilih untuk berbagi pengetahuan dan khasiat dari tanaman toga,” tutur Erna.

Menurut Erna, pihaknya memilih toga karena tanaman tersebut sangat banyak manfaatnya bagi masyarakat. terutama, sambung Erna, terhadapa masyarakat yang lanjut usia (lansia).

“Betapa pentingnya tanaman toga untuk ditanam di tiap perkarangan rumah. Belum lagi, tanaman tersebut dapat dijadikan sebagai obat yang menyembuhkan berbagai macam penyakit,” ungkap Erna

Dia juga menambahkan, tanama. toga saat ini tidak melulu membutuhkan lahan luas. Tetapi, kata Erna, bisa juga dengan menggunakan pot toga sudah dapat tumbuh dan berkembang.

“Terlebih tanaman tersebut dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti, kekurangan stamina, badan pegal-pegal, dan lainnya. Jadi, tidak hanya sekedar penghijauan saja, tetapi juga berguna untuk kesehatan,” uja Erna

Misalnya, sambung Erna, penyakit seperti pegal, meriang dan lainnya. Juga, kata dia, khasiat dari tanaman toga dan jamu yang dihasilkan dapat menjaga daya tahan tubuh. Seperti, kunyit dan jahe.

“Kita di sini, fokusnya pada tanaman toga akar. Tetapi, untuk mengkonsumsi jamu-jamu yang dihasilkan ini, jangan berlebihan. Karena, tidak baik juga,” ucap Erna

Erna juga berharap, dengan adanya kegiatan ini, para kader dapat mengaplikasikannya kembali. Juga, sambung dia, para Kader dapat menanam banyak tanaman toga di lingkungannya.

Sementara itu, Ketua PKK RW3, Kelurahan Depok Jaya, Ida. S memberikan apresiasi pada pihak UPN Veteran Jakarta, yang telah memberikan pengetahuan tentang pengolahan tanaman toga. Dengan begitu, kata dia, para Kader PKK dan juga Posyandu Kenanga RW3, dapat mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari.

“Saya bersyukur, jadi dapat pengetahuan baru dan tata cara pengolahan tanaman tersebut. Saya juga berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut kedepannya,” tandasnya. (*)

You may also read!

Porsigal Cinere Jalani TC

DEPOK – Berbagai persiapan dilakukan perguruan Pendidikan Olah Raga Silat Indah Garuda Loncat (Porsigal) Cinere menghadapi kejuaraan Pakubumi Open

Read More...

Lapbas Jabar Peduli Korban Tsunami Selat Sunda

DEPOK – Dibawah kepemimpinan Iswandi, DPD Laskar Pendekar Banten Sejati (Lapbas) Jawa Barat (Jabar) membuat gebrakan di awal 2019.

Read More...

Tim Akar Rumput Nobar Debat Pilpres

  DEPOK – Tim Akar Rumput (TAR) Kota Depok menghadiri acara nonton bareng debat Capres dan Cawapres 2019, yang

Read More...

Mobile Sliding Menu