Disdik Depok Galakkan Kompetensi Guru

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
FOTO: Mohammad Thamrin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok

DEPOK – Terkait kompetensi guru di luar mengajar dan menyampaikan materi ke siswa, mereka juga perlu keahilan khusus untuk mengelola dokumen sekolah. Untuk menunjangnya, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok terus menggalakkan peningkatan kompetensi untuk guru.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Mohammad Thamrin mengatakan kompetensi guru harus digalakkan agar kemampuan dalam mempersiapkan dan mengolah data harus secara tepat. Salah satu wilayah yang menjadi titik awalnya, yakni Kecamatan Beji.

“Kompetensi itu meliputi pengelolaan dokumen perencanaan sekolah. Jadi perencaan ini jadi dibuat oleh masing-masing sekolah. Ada dokumen empat tahunan RKJM jangka menengahnya. Ada yang rancangan kegiatan tahunan (RKT)atau tahunannya,” kata Thamrin kepada Radar Depok.

Dia menerangkan, jika perencanaan tersebut sebelumnya sudah ada namun harus dilakukan lagi agar lebih maksimal. Pihaknya juga ingin melihat karakter kepala sekolah dan kemampuan mereka dalam memimpin.

“Kita juga lihat pengelolaan keuangan karena 2019 sekolah sudah punya DPA sendiri berbasis kinerja. Kemudian juga di akhir tahun kami sudah membiasakan melakukan penilaian kinerja kepala sekolah yang sudah dilakukan sejak 2016,” terangnya.

Thamrin menegaskan, hal itu dilakukan sebagai motivasi kepada kepala sekolah untuk maksimal dalam bekerja. Jika nilai kepala sekolah tidak meningkat tiap tahun akan segera ditindak Disdik, seperti penurunan jabatan.

“Jangan ada kepala sekolah yang bekerja tanpa bukti apa-apa. Tidak perlu menunggu empat tahun, satu tahun saja bisa kami turunkan kembali menjadi guru,” tutup Thamrin. (san)

You may also read!

Pelaku UMKM di Cipas Depok Semakin Menggeliat

DEPOK – Kelurahan Cisalak Pasar (Cipas), Cimanggis, terus mendukung upaya warga dalam meningkatkan ketahan keluarga. Salah satu upaya tersebut

Read More...

Mukhlis Effendi : Untuk Membina Umat, Majelis Taklim di Depok Harus Diperhatikan

DEPOK – Caleg DPR RI DAPIL Jabar VI dari Partai Gerindra, Mukhlis Effendi memandang majelis taklim sebagai wadah penguat

Read More...

Sholahudin : Wujudkan Kebersamaan dengan 5M

DEPOK – Caleg DPRD Kota Depok Dapil 1 (Pancoranmas), dari PKB, Sholahudin menilai, kebersamaan di antara perbedaan bisa diciptakan

Read More...

Mobile Sliding Menu