Beban Timnas Indonesia U-19 Semakin Berat

In Depok Sport, Utama
IST
BEREBUT BOLA – Pesepak bola Timnas Indonesia berebut bola dengan pesepak bola Qatar saat tendangan penjuru, dalam penyisihan Grup A Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (21/10).

Uni Emirat Arab (UEA) memimpin sementara klasemen Grup A Piala Asia U-19 2018. UEA meraih kemenangan besar dan kedua mereka di babak fase grup, setelah menggulung Taiwan dengan skor 8-1 dalam laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Minggu (21/10) sore.

Di laga kedua penyisihan Grup A Piala Asia U-19 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (21/10) malam. Garuda Nusantara kalah tipis 5-6. Gol kemenangan Qatar dicetak oleh Hashim Ali (11′, 51′), trigol Abdulrasheed Umaru (13′, 41, 56′) dan Mohammed Waad (24′). Adapun lima gol balasan Indonesia dicetak oleh Muhammad Luthfi Kamal pada menit ke-28, hat-trick Todd Rivaldo (65′, 73′, 81′) dan Saddil Ramdani (69′).

Hasil ini membuat Indonesia turun ke peringkat ketiga klasemen sementara dengan koleksi tiga poin. Indonesia kalah head to head dari Qatar di peringkat kedua. Meski begitu, peluang Indonesia untuk lolos ke fase gugur masih terbuka. Pada laga pamungkas, Indonsia akan berhadapan dengan Uni Emirat Arab sedangkan Qatar akan melawan Taiwan pada Rabu (24/10). Indonesia harus kalahkan UEA.

Pada babak pertama Indonesia sebenarnya mampu mengimbangi permainan Qatar. Umpan-umpan pendek dan kecepatan di kedua sayap beberapa kali merepotkan lini belakang Qatar. Namun sayang karena lemahnya koordinasi lini belakang dan dua gol cepat Qatar seperti meruntuhkan semangat bermain Indonesia.

Qatar berhasil mengejutkan Indonesia setelah mencetak gol pembuka pada menit ke-11 lewat gol Hashim Ali. Belum sempat bangkit, Indonesia kembali kebobolan dua menit berselang. Kini Abdulrasheed Umaru yang menghukum kelengahan lini belakang Indonesia setelah lolos dari jebakan offside. Kebobolan dua gol cepat membuat Indonesia seperti kehilangan konsentrasi.

Pada menit ke-24, kelengahan Indonesia kembali diganjar gol Qatar. Mohammed Waad mencatatkan namanya di papan skor lewat tendangan keras dari luar kotak penalti yang sempat berbelok arah. Gol yang ditunggu seisi SUGBK akhirnya terjadi pada menit ke-28. Muhammad Luthfi Kamal mencetak gol indah saat tendangan bebasnya dari sisi sayap kiri meluncur deras ke gawang Qatar. Menjelang akhir babak pertama, Abdulrasheed Umaru mencetak gol keduanya pad menit ke-41. Skor 1-4 untuk Qatar bertahan hingga turun minum.

Berlanjut ke babak kedua, masalah lini belakang Indonesia masih belum membaik. Belum genap 15 menit babak kedua berjalan, gawang Indonesia sudah dua kali kebobolan. Hashim Ali mencetak gol keduanya pada menit ke-51, dan Abdulrasheed Umaru mencetak hat- trick nya tepat pada menit ke-56. Sebelum gol ketiga Abdulrasheed Umaru, pelatih Indra Sjafri memasukkan Todd Rivaldo untuk menambah variasi serangan. Meski tertinggal 5 gol, semangat juang para pemain Indonesia tidak luntur.

Indonesia berhasil mengejar dua gol lewat dua tendangan bebas cantik Todd Rivaldo pada menit ke-65 dan Saddil Ramdani (69′). Setelah dua gol ini, Indonesia menguasai jalannya laga. Memasukkan Todd Rivaldo adalah keputusan yang tepat dari Indra Sjafri. Tepat pada menit ke-73, Todd Rivaldo mencetak gol keduanya lewat aksi individu.

Akselerasi Todd Rivaldo mengacak-acak lini pertahanan Qatar dan melewati 3 pemain sebelum melepaskan tembakan melengkung ke pojok atas gawang. Aksi individu Todd Rivaldo kembali berbuah gol pada menit ke-81. Sama seperti gol keduanya, Todd Rivaldo kini mengelabui hampir lima pemain sebelum melepaskan tembakan mendatar. Sayang, dalam sisa laga, Indonesia gagal menambah gol dan harus menerima kekalahan 5-6.

Qatar menang 6-5 atas Timnas Indonesia U-19 di laga penuh drama pada malam hari. Posisi mereka di klasemen hanya dipisahkan oleh selisih gol. Timnas Indonesia memiliki peluang untuk lolos dari fase grup jika sukses meraih kemenanan atas UEA di laga terakhir pada  Rabu (23/10) mendatang, namun dengan catatan Qatar gagal menang dari Taiwan.(kmp/net/JPC)

You may also read!

Pedagang Kemirimuka Depok Banding

DEPOK – Perjuangan pedagang Pasar Kemirimuka, sedikit goyang dalam mempertahankan tanah negara dari PT Petamburan Jaya Raya (PJR). Pengadilan

Read More...

Daftar ke RSUD Depok Cukup Via Online

DEPOK – Warga Depok kembali dimanjakan saat membutuhkan layanan RSUD Depok. Kemarin, RSUD yang berada di Kecamatan Sawangan tersebut

Read More...

40 Restoran Belum Bayar Pajak

DEPOK – Bisnis kuliner di Depok meningkat terus dalam tiga tahun terakhir. Namun tak semua pengusaha restoran di kota

Read More...

Mobile Sliding Menu