Bawaslu Depok ‘Upgrade’ Pemahaman Panwascam

In Politika
RICKY/RADAR DEPOK
PENYELENGGARA: Jajaran Komisioner Bawaslu Kota Depok dan KPU Kota Depok, serta Panwascam se-Kota Depok berfoto usai mengadakan Rakernis di Hotel Santika, Jalan Raya Margonda Kecamatan Beji, Selasa (16/10).

DEPOK – Bawaslu Kota Depok terus mengperbaharui atau menguprade pemahaman dan pengetahuan jajarang Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) dengan mengadakan rapat kerja teknis (Rakernis) pengawasan dan Penindakan pada tahapan Kampanye Pemilu 2019 di Hotel Santika, Jalan Raya Margonda, Kecamatan Beji.

Ketua Bawaslu Kota Depok, Luli Barlini mengungkapkan, Rakernis yang diselenggarakan selama dua hari dari 15-16 Oktober 2018 tersebut, tujuannya yakni untuk konsolidasi, koordinasi dan melakukan pemantapan bagi anggota Panwascam se-Kota Depok.

“Kami ingin memberikan pemantapan dan pemahaman sahabat Bawaslu secara komperhensif, dalam hal ini jajaran Panwascam untuk turun ke lapangan,” kata Luli kepada Radar Depok, Selasa (16/10).

Dari sini, sambung Luli, diharapkan jajaran Panwascam dapat menyamakan persepsi dalam hal pengawasan dan penindakan pada tahapan kampanye Pemilu 2019.

“Mereka juga harus tahu prosedur sebagai dasar pengawasan. Misalnya, yang diatur dalam PKPU (Peraturan Komisi Pemilihan Umum.red) untuk pemasangan alat peraga dan tata cara sosialisasi,” paparnya.

Menurut Luli, kampanye merupakan bagian penting bagi peserta Pemilu, dimana peserta Pemilu dapat menggunakan cara dan metode tertentu untuk menyakinkan pemilih tahapan kampanye pemilu tahun 2019. Kemudian, dalam perbawaslu nomor 28 tahun 2018 tentang pengawasan kampanye pemilu, mengamanatkan Bawaslu Kota Depok melakukan pengawasan pada tahapan pelaksanaan kampanye.

“Urgensi pengawasan tahapan kampanye itu untuk memastikan terpenuhinya unsur keadilan bagi seluruh peserta pemilu, untuk memastikan tidak terdapatnya pihak-pihak yang dilarang dalam tim atau petugas kampanye, dan sebagai upaya pencegahan terjadi nya hal- hal yang akan menimbulkan potensi pelanggaran pada saat pelaksanaan kampanye dengan melakukan upaya-upaya pencegahan,” terang Luli.

Sementara, Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan, Hubungan Masyarakat (Humas) dan Hubungan antar Lembaga (Hubal) Bawaslu Kota Depok, Dede Selamet Permana menambahkan, pihaknya berharap, setelah Rakernis tersebut, seluruh jajaran Panwascam se-Depok dapat menyerap informasi yang disampaikan narasumber, mengaplikasikannya di lapangan dan juga menularkan ke tingkat kelurahan dan stakeholder.

“Peserta dalam Rakernis ini seluruh Panwascam se-Depok yang berjumlah 33 orang. diharapkan apa yang disampaikan dalam agenda ini dapat membantu rekan-rekan pengawas untuk turun ke lapangan,” pungkasnya. (cky)

You may also read!

Pemkot Depok Gugat Petamburan, Fokus Persiapkan Materi Gugatan

DEPOK – Pemkot Depok tidak diam dalam memperjuangkan Pasar Kemirimuka. Pasca putusan sidang Derden Verzet sengketa lahan Pasar Kemirimuka,

Read More...

Cuaca Buruk, Harga Beras di Depok Naik

DEPOK – Cuaca buruk di sejumlah daerah, berdampak pada kenaikan harga beras di Kota Depok. Meski tidak begitu besar,

Read More...

TMMD Ke-103 Depok Rampung

DEPOK – Kurang lebih 30 hari pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103, di Kecamatan Cipayung, resmi selesai

Read More...

Mobile Sliding Menu