Bawaslu Depok Cermati DPT di Semua Tingkatan

In Politika
RICKY/RADAR DEPOK
KOMPAK: Jajaran Komisioner Bawaslu Kota Depok, berfoto dengan komisioner Panwaslu Kecamatan se-Kota Depok usai Workshop Evaluasi Hasil Pengawasan Pemuthiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih Pemilu tahun 2019 di The Margo Hotel, Jalan Raya Margonda Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kamis (11/10).

DEPOK – Bawaslu Kota Depok mengadakan Workshop Evaluasi Hasil Pengawasan Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih Pemilu tahun 2019 di The Margo Hotel, Jalan Raya Margonda Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kamis (11/10).

“Ini workshop untuk pencermatan DPT (Daftar Pemilih Tetap.red),” kata Ketua Bawaslu Kota Depok, Luli Barlini kepada Radar Depok usai Workshop.

Dalam workshop tersebut, kata Luli, pembahasannya sudah sejauhmana pencermatan DPT di tingkat kabupaten/kota. Sehingga terdapat sinkronisasi data dari tiap tingkatan, mulai dari Bawaslu RI, provinsi, kabupaten/kota dan di level kelurahan bisa sama.

“Jangan sampai tiap tingkatan tersebut malah dapat laporan dari orang lain. Jadi intinya melakukan konsolidasi internal, apakah Bawaslu Kota atau panwascam sudah bekerja maksimal atau belum, sudah melaksanakan tupoksinya atau belum. Yang ditekankan di workshop ini, pencermatan dan totalitas teman-teman pengawas di tiap tingkatan,” terangnya.

Untuk pencermatan DPT, sambung Luli, tetap dilakukan hingga menjelang waktu pemilihan. Meski, waktu yang ditetapkan hanya 60 hari untuk menyampaikan data ke Bawaslu RI. Tetapi, diwaktu setelah itu terus melakukan pencermatan DPT.

“Data terus dilakukan perbaikan-perbaikan, untuk menghindari data ganda dan menjamin serta melindungi hak politik seseorang sebagai warga negara Indonesia,” tegasnya.

Ia juga mengharapkan, masyarakat dapat berperan aktif dalam mengawasi tahapan Pemilu, dimana saat ini sudah masuk tahapan kampanye, yang rentan terjadi pelanggaran, lantaran ketidakpahaman aturan atau kemungkinan lainnya.

“Sesuai dengan tagline Bawaslu, yakni ‘Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu’,” ucap Luli. (cky)

You may also read!

TAK PERLU ANTRI, DAFTAR BPJS KESEHATAN KINI BISA LEWAT PONSEL

Depok, Jamkesnews – Mendaftar menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kini semakin mudah. BPJS Kesehatan telah mengembangkan

Read More...

Pigijo.com Kolaborasi dengan IMI

JAKARTA – Pigijo.com dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) sebagai bentuk awal kolaborasi untuk membuat

Read More...

BPJS Kesehatan Optimalisasi JKN-KIS

**Awasi dan Periksa Kepatuhan Pemberi Kerja DEPOK  – Upaya optimalisasi penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) terus

Read More...

Mobile Sliding Menu