Bawaslu Depok Cermati DPT di Semua Tingkatan

In Politika
RICKY/RADAR DEPOK
KOMPAK: Jajaran Komisioner Bawaslu Kota Depok, berfoto dengan komisioner Panwaslu Kecamatan se-Kota Depok usai Workshop Evaluasi Hasil Pengawasan Pemuthiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih Pemilu tahun 2019 di The Margo Hotel, Jalan Raya Margonda Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kamis (11/10).

DEPOK – Bawaslu Kota Depok mengadakan Workshop Evaluasi Hasil Pengawasan Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih Pemilu tahun 2019 di The Margo Hotel, Jalan Raya Margonda Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kamis (11/10).

“Ini workshop untuk pencermatan DPT (Daftar Pemilih Tetap.red),” kata Ketua Bawaslu Kota Depok, Luli Barlini kepada Radar Depok usai Workshop.

Dalam workshop tersebut, kata Luli, pembahasannya sudah sejauhmana pencermatan DPT di tingkat kabupaten/kota. Sehingga terdapat sinkronisasi data dari tiap tingkatan, mulai dari Bawaslu RI, provinsi, kabupaten/kota dan di level kelurahan bisa sama.

“Jangan sampai tiap tingkatan tersebut malah dapat laporan dari orang lain. Jadi intinya melakukan konsolidasi internal, apakah Bawaslu Kota atau panwascam sudah bekerja maksimal atau belum, sudah melaksanakan tupoksinya atau belum. Yang ditekankan di workshop ini, pencermatan dan totalitas teman-teman pengawas di tiap tingkatan,” terangnya.

Untuk pencermatan DPT, sambung Luli, tetap dilakukan hingga menjelang waktu pemilihan. Meski, waktu yang ditetapkan hanya 60 hari untuk menyampaikan data ke Bawaslu RI. Tetapi, diwaktu setelah itu terus melakukan pencermatan DPT.

“Data terus dilakukan perbaikan-perbaikan, untuk menghindari data ganda dan menjamin serta melindungi hak politik seseorang sebagai warga negara Indonesia,” tegasnya.

Ia juga mengharapkan, masyarakat dapat berperan aktif dalam mengawasi tahapan Pemilu, dimana saat ini sudah masuk tahapan kampanye, yang rentan terjadi pelanggaran, lantaran ketidakpahaman aturan atau kemungkinan lainnya.

“Sesuai dengan tagline Bawaslu, yakni ‘Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu’,” ucap Luli. (cky)

You may also read!

Disdukcapil Kota Depok Bakar 30 Ribu Blangko e-KTP Rusak

DEPOK – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok memusnahkan 30 ribu blangko Elektronik KTP di Balaikota Depok,

Read More...

Antisipasi Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok, Disdagin Depok Operasi Pasar

DEPOK – Mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI)

Read More...

NU Depok Serukan Perkuat Kebinekaan

DEPOK – Plt Ketua PC NU Kota Depok, Ahmad Solechan menyerukan ajakan untuk memperkuat kebinnekaan dan mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan.

Read More...

Mobile Sliding Menu