Awasi Pemilu, Bawaslu Depok Gandeng Pramuka

In Politika
RICKY/RADAR DEPOK
PERSIAPAN: Komisioner Bawaslu Kota Depok, saat sesi foto dan fitting baju untuk pelantikan Mabisaka Adhyasta Pemilu di Kota Depok.

DEPOK – Bawaslu Kota Depok menggandeng Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Depok untuk mengawasi Pemilu 2019. Bahkan, lembaga yang diketuai Luli Barlini ini akan membentuk satuan karya (Saka) Adhyasta (Pengawas) Pemilu di Kota Sejuta Belimbing.

Hal tersebut disampaikan Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan, Hubungan Masyarakat (Humas) dan Hubungan antar Lembaga (Hubal) Bawaslu Kota Depok, Dede Selamet Permana saat dihubungi Radar Depok, Senin (15/10).

“Jadi Saka Adhyasta ini bentuk kerjasama antara Bawaslu, khususnya Bawaslu Jawa Barat (Jabar) dengan Gerakan Pramuka, khususnya Kwartir Daerah Jabar, lalu diturunkan ke tingkat kabupaten/kota dengan Kwarcab,” kata Dede.

Nantinya akan ada tiga krida (semacam peminatan) yang akan diberikan kepada para pramuka, yakni krida pencegahan, krida pengawasan, dan krida penanganan pelanggaran. Selain itu, Tupoksi Saka Adhyasta terfokus pada dua hal, pertama untuk edukasi kepemiluan bagi anggota pramuka (penegak dan pandega), serta wadah kerjasama pengawasan pemilu dalam bentuk relawan pengawasan partisipatif.

“Saat ini sudah dibentuk di sembilan provinsi, dan untuk Jabar di bentuk di 27 kabupaten/kota,” tuturnya.

Di Depok, sambung Dede, akan ada pelantikan Pengurus Mabi (Majelis Pembimbing) Saka Adhyasta Pemilu pada Jumat (19/10). Nantinya Mabisaka akan diketuai Luli Barlini, Wakil Dede Selamet Permana dan Ketua Pimsaka, dan Kasek Bawaslu Kota Depok, Mohammad Syamsu Rahman.

“Jika tidak ada aral melintang, Jumat ini kami akan melantik Mabisaka dan pengurus lainnya,” ungkap Dede.

Dengan adanya Saka Adhyasta Pemilu dari unsur Pramuka, diharapkan mereka dapat berperan aktif menjadi agen perubahan di masyarakat. Menyampaikan pentingnya menyalurkan hak pilihnya untuk memilih wakil rakyat dan pemimpin bangsa, serta menyampaikan hal-hal yang dilarang dalam pelaksanaan pilkada dan pemilu.

“Diharapkan dapat mendorong pemilu berintegritas. Sebab keikutsertaannya mengawal dan mengawasi pelaksanaan penyelenggaraan pemilu akan menguatkan Bawaslu dari sisi pengawasan,” pungkas Dede. (cky)

You may also read!

Pemkot Depok Gugat Petamburan, Fokus Persiapkan Materi Gugatan

DEPOK – Pemkot Depok tidak diam dalam memperjuangkan Pasar Kemirimuka. Pasca putusan sidang Derden Verzet sengketa lahan Pasar Kemirimuka,

Read More...

Cuaca Buruk, Harga Beras di Depok Naik

DEPOK – Cuaca buruk di sejumlah daerah, berdampak pada kenaikan harga beras di Kota Depok. Meski tidak begitu besar,

Read More...

TMMD Ke-103 Depok Rampung

DEPOK – Kurang lebih 30 hari pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103, di Kecamatan Cipayung, resmi selesai

Read More...

Mobile Sliding Menu