5.869 Pelamar CPNS Lulus Adminitrasi

In Utama

DEPOK – Pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Depok pasti bertanya-tanya, apakah lolos administrasi. Nah kemarin, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) memastikan 5.869 pelamar lulus seleksi administrasi. Angka pelamar tersebut berkurang 1.254 pelamar dari pendaftar, 15 Oktober 2018 pukul 23:59 WIB, sebanyak 6.943 pelamar.

Sekretaris BKPSDM Depok, Mary Liziawati mengatakan, ada 1.254 yang tidak memenuhui syarat. Hal ini diketahui berdasarkan informasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS 2018 dapat dilihat di https://sscn.bkn.go.id, dan juga website resmi instansi yang dilamar oleh pendaftar.

“Untuk pemerintah Kota Depok pengumuman seleksi CPNS dapat dilihat di situs resmi yakni di https://www.depok.go.id/” kata Mary, kepada Harian Radar Depok, Minggu (21/10).

Pengumuman tersebut, bisa juga dilihat di situs resmi Badan Kepegawaian Daerah setempat yakni di http://bkpsdm.depok.go.id/. Untuk informasi tambahan, pelamar juga bisa menanyakan langsung ke BKPSDM setempat yang berada di alamat Jalan Margonda Raya No54, Depok.

Jika peserta dinyatakan lulus, kata Mary, maka langkah selanjutnya adalah mencetak kartu ujian, yang akan digunakan pada saat tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). “Kartu ujian ini dapat dicetak sejak pengumuman kelulusan seleksi administrasi diumumkan, sampai dengan menjelang jadwal tes SKD,” bebernya.

Menurut dia, kartu ujian ini sangat penting karena akan digunakan pada saat menempuh ujian SKD. Adapun jadwal dan lokasi tes SKD ini belum ditentukan, oleh karena itu penting. Untuk memantau secara berkala perubahan-perubahan informasi di situs resmi pemda yakni situs BKPSDM Kota depok yakni https://bkpsdm.depok.go.id.

Terpisah, Walikota Depok, Mohammad Idris tak menampik, sudah ada pengumuman tahapan untuk perlengkapan adminitrasi  pendaftaran CPNS. “Sudah diumumkan pada 21 Oktober jam 12 malam, totalnya yang tidak lulus saya kurang hafal. Pokoknya ribuan yang daftar CPNS,” ungkap walikota. Dia berharap, semua warga Depok yang melamar menjadi CPNS lulus. “Kami harap lulus semua, khusuanya untuk guru,” tutup Idris.

Perluy diketahui, Badan Kepegawaian Nasional (BKN) menginformasi apa saja yang perlu dipersiapkan untuk tahapan seleksi selanjutnya. Tahapan kedua dalam seleksi CPNS adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang akan digelar di sekitar 225 lokasi di seluruh Indonesia mulai 27 Oktober sampai 7 November 2018.

Terdapat tiga aspek yang diuji dalam SKD, yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawancara Kebangsaan (TWK).

Masing-masing tes tersebut memiliki karakteristik dan tujuan yang berbeda. Pada TWK, pelamar akan diuji sejumlah hal-hal fundamental kebangsaan seperti nasionalisme, Pancasila, UUD 1945, bela negara, pilar negara, dan bahasa Indonesia. Tes ini digunakan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan implementasi hal-hal tersebut.

TIU dalam SKD bertujuan untuk menilai seberapa cakap pelamar dalam logika, verbal, figural, analisis, dan pemecahan masalah dengan inovasi.

Terakhir adalah Tes Karakteristik Pribadi yang memiliki tujuan melihat kemampuan calon Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam beradaptasi, bekerja secara tim, pemberian layanan publik, integritass, termasuk kemampuan menahan sebaran hoaks dan SARA.

Terdapat total 100 soal yang akan diuji dalam tahapan SKD. Masing-masing 35 soal untuk TWK, 30 soal TIU, dan 35 soal TKP. Pelamar akan memperoleh nilai 5 untuk setiap jawaban benar dan 0 jika salah dalam tes wawancara dan intelegensia. Sementara untuk tes kepribadian, nilai brvariasi dari skala 1 sampai 5.(irw)

You may also read!

Pemkot Depok Gugat Petamburan, Fokus Persiapkan Materi Gugatan

DEPOK – Pemkot Depok tidak diam dalam memperjuangkan Pasar Kemirimuka. Pasca putusan sidang Derden Verzet sengketa lahan Pasar Kemirimuka,

Read More...

Cuaca Buruk, Harga Beras di Depok Naik

DEPOK – Cuaca buruk di sejumlah daerah, berdampak pada kenaikan harga beras di Kota Depok. Meski tidak begitu besar,

Read More...

TMMD Ke-103 Depok Rampung

DEPOK – Kurang lebih 30 hari pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103, di Kecamatan Cipayung, resmi selesai

Read More...

Mobile Sliding Menu