2020 Pemprov Jabar Tata Situ Depok

In Metropolis
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
REKREASI : Sejumlah warga saat menikmati wahana air di Situ Cilodong, Kecamatan Cilodong, kemarin.

DEPOK – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, berencana menjadikan Depok sebagai destinasi wisata situ atau danau. Alasannya, Depok memiliki 23 situ yang dapat menjadi tujuan wisata dan rekreasi.

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna mengaku, mendapat informasi mengenai rencana tersebut. Pemerintah Provinsi (Pemprov), lanjutnya, berencana menata puluhan situ tersebut. “Gubernur Jabar memang berencana membuat destinasi wisata situ di Depok. Dana penataannya kurang lebih Rp40-50 juta per situ,” ungkap Pradi di ruangan kerjanya di Balaikota.

Tapi, lanjut Pradi, penataan belum dapat segera dilakukan. Sebab pembahasannya baru dapat dilakukan untuk APBD 2020. “Mungkin 2020 baru kami bahas. Karena pembahasan anggaran untuk APBD 2019 sudah rampung,” ujar Pradi.

Pradi juga menanggapi pernyataan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum soal penataan Sungai Ciliwung.  Pradi mengaku, belum mendapat koordinasi mengenai hal tersebut.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, akan menata Sungai Ciliwung yang berada di wilayah Depok, yang sering dikeluhkan warga karena sampah yang menumpuk.

“Sudah masuk dalam konsep penataan Sungai Ciliwung, Depok, karena kan air sangat melingkupi semua wilayah, ya. Jadi, jangan hanya Sungai Citarum saja yang diramaikan, sementara Jawa Barat bukan hanya Citarum saja. Kan Depok juga ada sungai. Jadi, semua kita sama ratakan,” ucap Uu Ruzhanul kepada Harian Radar Depok, belum lama ini.

Uu mengungkapkan, rencana penataan Sungai Ciliwung ini sudah dibicarakan dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC).

“Sudah dibicarakan kok, tetapi memang belum feedback konsepnya bagaimana untuk Sungai Ciliwung ini,” ujar Uu.

Namun, sebelum penataan, lanjut dia, pihaknya akan mengawali dengan mengatasi masyarakat yang masih belum sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan. “Kita mulai dari sadarkan dahulu nih masyarakatnya untuk tidak buang sampah sembarangan, lalu kita lihat sodetan-sodetan yang ada di sungai ini,” terangnya.

Dia menyebut, Pemprov Jawa Barat siap menganggarkan dana untuk menata Sungai Ciliwung. “Siap dong, kita siap keluarkan anggarannya buat Depok itu memang sudah ada,” ujar Uu.(irw)

You may also read!

Pemkot Depok Gugat Petamburan, Fokus Persiapkan Materi Gugatan

DEPOK – Pemkot Depok tidak diam dalam memperjuangkan Pasar Kemirimuka. Pasca putusan sidang Derden Verzet sengketa lahan Pasar Kemirimuka,

Read More...

Cuaca Buruk, Harga Beras di Depok Naik

DEPOK – Cuaca buruk di sejumlah daerah, berdampak pada kenaikan harga beras di Kota Depok. Meski tidak begitu besar,

Read More...

TMMD Ke-103 Depok Rampung

DEPOK – Kurang lebih 30 hari pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103, di Kecamatan Cipayung, resmi selesai

Read More...

Mobile Sliding Menu