SMPIT NF Depok Berkibar di HKIMO 2018

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
HEBAT: Pelajar SMPIT Nurul Fikri mengharumkan nama Indonesia dengan membawa empat medali dari ajang Hong Kong International Mathematical Olympiad (HKIMO) 2018, di Hong Kong 31 Agustus-3 September 2018.

DEPOK – Empat siswa SMPIT Nurul Fikri (NF) kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Kali ini dipersembahkan dari ajang olimpiade matematika yang bernama Hong Kong International Mathematical Olympiad (HKIMO) 2018.

Ke empat siswa tersebut adalah Affan Mustakim dan Ghazlina Izza, yang berhasil meraih bronze medal secondary 1. Lalu ada M. Shaquille Omar, membawa pulang merit medal secondary 1. serta Muh. Atpur Rafi yang mengalungkan merit medal secondary 2 pada babak final round yang digelar di Yuen Long Theatre, pada 31 Agustus-3 September 2018.

Guru pendamping saat olimpiade, Heru Cahyadi mengatakan, HKIMO merupakan kompetisi internasional yang berasal dari Hong Kong, diikuti perwakilan siswa terbaik dari berbagai negara. Sebelum berangkat ke Hong Kong, para siswa terlebih dahulu disaring dalam seleksi se-Indonesia.

“Alhamdulillah empat siswa kita meraih medali di ajang HKIMO 2018. ini sungguh capaian yang sangat luar biasa dan berkesan bagi sekolah,” kata Heru kepada Radar Depok, kemarin (17/9).

Sekolah yang berlokasi di Jalan Tugu Raya, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis tersebut memang sudah dikenal dengan prestasi anak didiknya hingga Go Internasional. Selain Hong Kong, ada 14 negara yang turut berpartisipasi dalam olimpiade tersebut, di antaranya Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Australia, China, Kyrgyzstan, Singapura, Turki, Bulgaria, Iran, Kazakhstan, dan Ukraina.

Heru mengungkapkan, sebelum mencapai tahap final, setiap negara mengadakan seleksi nasional terlebih dahulu. SMPIT NF terpilih menjadi lokasi seleksi HKIMO untuk wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

“Ada juga dari Lampung tes di SMPIT Nurul Fikri, karena disana tidak ada panitia rayonnya tapi penilaian tetap dari pusat,” ungkap Heru.

Dalam tahap heat round tersebut SMPIT NF meraih 18 medali. Total peserta dalam kompetisi heat round ini dari Indonesia sebanyak 1703 di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Kepala SMPIT NF, Ahmad Sukarya mengucapkan terimakasih kepada para guru yang sudah berkontribusi terhadap pembinaan kepada siswa. Prestasi ini merupakan kado terindah dan kebanggaan untuk sekolah.

Selain ajang HKIMO, siswa SMPIT NF pun juga meraih prestasi di ajang Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO) yakni olimpiade matematika yang berasal dari Thailand. Siswa yang bernama Nazwa Hanan berhasil meraih medali emas.

“Berkat prestasi siswa-siswi, kami semakin dapat menunjukkan bahwa SIT NF mampu eksis bukan hanya nasional tetapi hingga internasional,” tutup Sukarya. (san)

You may also read!

Diduga Digondol Maling, Tutup Selokan di Pancoranmas, Kota Depok Hilang

DEPOK – Tutup selokan yang terbuat dari beton di Jalan Raya Sawangan hilang. Tepatnya, di wilayah Kelurahan Rangkapanjaya, Kecamatan

Read More...

SDN Tanah Baru 5 Depok Bobok Celengan, Untuk Korban Bencana di Sulteng

DEPOK – Aksi sosial SDN Tanah Baru 5 terus berlanjut. Kali ini, programnya adalah Bobok Celengan siswa. Nanti, seperti

Read More...

Pangkalanjati, Depok Bebersih dan Tanam Pohon

DEPOK – Jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kelurahan Pangkalanjati dan Kecamatan Cinere serta sejumlah pengurus lingkungan Kelurahan Pangkalanjati melaksanakan

Read More...

Mobile Sliding Menu