Portal CPNS Mulai Diakses

In Utama
Ilustrasi CAT CPNS

DEPOK – Mulai hari ini (19/9), para pelamar CPNS 2018 sudah bisa mengakses portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN). Dalam awal pembukaan portal SSCN ini, pelamar dipersilakan mendalami informasi mengenai syarat dan formasi jabatan yang sudah tertera di laman SSCN.

Sementara di Kota Depok, Pemkot Depok telah menetapkan formasi CPNS 2018 sebanyak 239 orang. Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor 810/3866-BKPSDM Depok, dan diperkuat keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Nomor 308 Tahun 2018 tentang kebutuhan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dari total kuota tersebut, dibagi menjadi dua formasi. Pertama, formasi umum meliputi tenaga guru 108 orang, tenaga kesehatan 104 orang, dan tenaga teknis 13 orang. Kedua, formasi khusus, yaitu eks. Tenaga Honorer K2 sebanyak 14 orang, dengan kualifikasi pendidikan paling rendah Strata Satu (S1) sebelum November 2013. Terkait informasi CPNS tersebut, para pelamar bisa melihat informasinya di www.bkpsdm.go.id dan www.depok.go.id.

Sedangkan secara nasional, Karo Humas BKN Mohammad Ridwan menyatakan, sebagai informasi pada rekrutmen CPNS 2018 ini, selain membuka lowongan untuk formasi umum, pemerintah juga membuka jalur formasi khusus bagi pelamar. Dikutip dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN-RB) Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018, terdapat sebanyak 6 (enam) jalur khusus.

“Untuk jadwal waktu pendaftaran akan segera disampaikan kepada publik setelah Badan Kepegawaian Negara (BKN) menerima data formasi lengkap dari Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah yang membuka rekrutmen CPNS,” terang Ridwan, Selasa (18/9).

Keenam jalur formasi khusus tersebut, terdiri dari Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat Dengan Pujian (Cumlaude), Penyandang Disabilitas, Putra/Putri Papua dan Papua Barat, Diaspora, Olahragawan Berprestasi Internasional, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari Eks Tenaga Honorer Kategori 2 yang memenuhi persyaratan.

Rekrutmen CPNS 2018 membuka lowongan untuk formasi umum dan khusus, termasuk honorer K2. Bagi pelamar yang berminat melamar formasi khusus ini harus memenuhi sejumlah beberapa syarat sesuai PermenPAN-RB 36 dan 37 Tahun 2018.

“Ada ketentuan yang harus dipenuhi pelamar untuk jalur formasi khusus,” ujar Ridwan.

Ketentuan dan persyaratan untuk melamar CPNS melalui jalur (formasi) khusus tersebut, di antaranya putra/putri lulusan terbaik berpredikat dengan pujian (Cumlaude) dari Perguruan Tinggi Dalam atau Luar Negeri, dengan ketentuan: formasinya dikhususkan bagi putra/putri lulusan minimal jenjang pendidikan Strata 1 (S1), calon pelamar merupakan lulusan dari Perguruan Tinggi Dalam Negeri dengan predikat dengan pujian (cumlaude) dan berasal dari Perguruan Tinggi terakreditasi A/Unggul dan program studi terakreditasi A/Unggul pada saat kelulusan.

Bagi calon pelamar dari lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri dapat mendaftar setelah memperoleh penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara dengan angka 4 dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

“Pada instansi pusat, kebutuhan formasi jalur khusus ini akan dialokasikan paling sedikit 10 persen dari total alokasi formasi yang ditetapkan. Sedangkan pada instansi daerah instansi daerah akan dialokasikan paling banyak lima persen dari total alokasi formasi yang ditetapkan,” terangnya.

Sedangkan pada instansi daerah, jumlah jabatan bagi para penyandang disabilitas paling sedikit satu persen dari total formasi disesuaikan dengan kebutuhan pada masing-masing instansi.

“Kebutuhan (formasi) jabatan peneliti, dosen, dan perekayasa dengan pendidikan sekurang-kurangnya Strata 2 (S2) dan khusus untuk perekayasa bisa dilamar dari lulusan Strata 1 (S1),” ujar Ridwan.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok Supian Suri mengatakan, kuota dan formasi CPNS 2018 telah diinfokan, sedangkan pembukaannya masih harus menunggu MenPAN-RB. “Pengumumannya 19 September serentak,” ucapnya singkat. (esy/jpnn/irw/gun)

You may also read!

Senin, Penentuan Nasib 500 CPNS Depok

DEPOK – Nasib 500 calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari Kota Depok akan ditentukan pada Senin, 10 Desember 2018.

Read More...

Lokasi Longsor di Depok akan Dipasangi Bronjong

DEPOK – Kali Tanah Baru di RT05/03, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, yang mengalami longsor pada  Kamis (6/12) silam,

Read More...

Chicking Depok Rasa Dubai

DEPOK – Rasanya hampir kebanyakan orang suka menyantap makanan berbahan dasar ayam. Baik ayam goreng tradisional, ayam goreng tepung

Read More...

Mobile Sliding Menu