PLN TJBB Depok Diontrog Karyawan Kontrak

In Metropolis
AHMAD FACHRY/RADR DEPOK
BENTROK : Petugas kepolisian bentrok dengan pengunjuk rasa saat simulasi protes pekerja honorer di Halaman Kantor PLN TJBB, Cinere, Selasa (16/9).

DEPOK – Ratusan pegawai kontrak tiba-tiba ingin merangsek masuk kantor PT PLN (persero) Transmisi Jawa Bagian Barat (TJBB), Kelurahan Gandul, Cinere, Selasa (18/9). Hal tersebut ditenggarai lantaran mereka tidak kunjung diangkat menjadi karyawan.

Puluhan aparat keamanan gabungan dari Brimob Mabes Polri, Polresta Depok dan Satuan Pengamanan (Satpam) pun, sudah berjaga di depan pintu masuk kantor PT PLN TJBB. Dari jauh yel-yel dan teriakan massa kurang lebih berjumlah ratusan, sayup-sayup terdengar. Selang beberapa menit, massa membentangkan spanduk selebar barisan massa sembari dikawal aparat kepolisian.

Tak hanya yel-yel, massa juga membawa spanduk panjang yang bertuliskan “Tolak Upah Murah” dan diikuti tanda tangan seluruh peserta aksi. Sementara, didepan gerbang puluhan aparat keamanan internal PLN bekerja sama dengan aparat kepolisian dari Polresta Depok, telah berjaga guna menghalau para demonstran.

Demonstran yang merasa dihalangi petugas keamanan, berhenti dan melakukan orasi selama beberapa menit, agar diperbolehkan masuk untuk bertemu dengan pimpinan PT PLN (persero) TJBB terkait kesejahteraannya.

Setelah diberi kesempatan bernegosiasi dilapangan, terlihat beberapa perwakilan diperbolehkan masuk ke kantor guna menemui pejabat setempat. Dengan pengawalan ketat aparat kemanan, perwakilan demonstran tersebut dipandu untuk memasuki kantor.

Sementara itu, demonstran diluar tetap melakukan orasi dan meneriakkan yel-yel. Sempat terjadi gesekkan, karena para demonstran memaksa untuk masuk kedalam kantor. Namun berhasil dihalau oleh petugas pengamanan.

Setelah perwakilan demonstran kembali kekerumunan massa, aksi semakin memanas. Diketahui, usulan yang mereka ajukan terkait kenaikan upah tidak dapat dikabulkan pejabat setempat. Petugas pengamanan kembali ditambah, kali ini aparat kepolisian lengkap dengan tameng dan tongkat maju kedepan. Guna menghalau massa yang mulai agresif, karena mulai melempar benda-benda yang ada disekitar.

Kasat Sabhara Polresta Depok, Kompol Subandi memperingatkan para demonstran untuk membubarkan diri dan kembali bekerja. “Atas nama undang-undang kami Kepolisian Negara Republik Indonesia, menghimbau agar saudara membubarkan diri karena telah mengganggu ketertiban umun, jika tidak maka kami akan mengambil tindakan tegas,” ucap Subandi melalui pengeras suara.

Bukan membubarkan diri, massa malah membakar ban didepan barisan aparat keamanan. Situasi semakin panas, hingga aparat kepolisian terpaksa menembakkan gas air mata kearah demonstran. Salah satu demonstran yang dianggap sebagai provokator berhasil diamankan pihak kepolisian.

Merasa ada temannya yang ditangkap, aksi kembali memanas, hingga tiga motor raimas memukul mundur para demonstran dan melepaskan tembakan keudara sebanyak tiga kali. Selang beberapa saat para demonstran membubarkan diri, namun aparat kepolisian menemukan benda mencurgakan berupa tas yang tergeletak di depan gerbang kantor PT PLN TJBB.

Tim gegana juga diturunkan dari Brimob Mabes Polri, guna memeriksa kardus yang diduga bahan peledak. Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata benar, benda tersebut merupakan bahan peledak. Tim gegana pun meledakkan benda tersebut dilokasi.

Setelah situasi dirasa aman, Kompol Subandi memerintahkan seluruh pasukan untuk melakukan apel konsolidasi, dan menyatakan Simulasi Ancaman Bom dan Penanganan Huru Hara di PT. PLN (persero) TJBB telah selesai.

Manager Keuangan SDM dan Administrasi, PT. PLN (persero) TJBB, Risma Royani mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan, dalam rangka meningkatkan kinerja LK2. “Juga sebagai referensi jika kejadian sesungguhnya terjadi, bisa cepat teratasi,” katanya.

Dia mengatakan, kegiatan tersebut juga untuk membiasakan karyawan cepat tanggap, jika menghadapi bahaya yang mungkin terjadi di lingkungan kerja PT PLN TJBB.(rub)

You may also read!

Bertabur Diskon dan Produk Baru

DEPOK – Mega Sport Station yang ada di Plaza Depok tak pernah berhenti memberikan diskon kepada para konsumennya. Diskon

Read More...

Semua Hape Bisa Cicilan 0 Persen

DEPOK – Semua produk handphone (HP) di Polindo Cellular cabang Depok Town Square (Detos) saat ini bisa dibeli secara kredit.

Read More...

Beli Satu Gratis Satu

DEPOK – Hypermart Depok Town Square (Detos) berikan promo diskon 10 persen untuk beberapa jenis bakerynya. Tak hanya itu,

Read More...

Mobile Sliding Menu