Perda KTR Bentuk Tim Khusus

In Metropolis
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
HIMBAUAN : Tampak terlihat stiker himbauan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di lingkungan Balaikota Depok, Jumat (21/9).

DEPOK – Tiga tahun hanya sekedar peraturan. Akhirnya, Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR), mau digalakkan. Saat ini Korps Penegak Perda sedang meramu bentuk tim khusus. Guna mengatur, mengawasi penjualan dan penerapan kawasan larangan merokok di Kota Depok.

Kepala Bidang Ketenteraman Masyarakat, Ketertiban Umum Pengamanan Pengawalan (Transmas Tibum dan Pamwal) Satpol PP Kota Depok, Kusumo mengatakan, tim khusus KTR dibentuk untuk mengawal Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2014 tentang KTR.

Tim khusus ini, kata dia, akan baru dibentuk. Namun dirapatkan terlebih dahulu Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). “Nantinya tim ini akan mengawasi masalah penjualannya dan kawasan tanpa rokok,” kata Kusumo, kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Menurutnya, saat ini Satpol PP rutin melakukan sosialisasi dan upaya preventif, kepada pemilik outlet atau toko yang menjual rokok. Selain sosialisasi, Satpol PP juga memberikan arahan kepada pemilik untuk menutup gambar atau merek rokok yang terpampang.

“Kita sudah arahkan untuk ditutup dengan kelambu (gambar maupun merek rokok), yang boleh terlihat hanya tulisan menjual rokok. Untuk fisik rokok tidak boleh diperlihatkan,” terangnya.

Kasatpol PP Depok, Yayan Arianto menambahkan, surat himbauan itu akan memberikan kepada penjual, atau pemilik mini market terkait Perda yang berlaku di Kota Depok. Termasuk informasi tujuh lokasi KTR antara lain, fasilitas kesehatan, tempat proses belajar mengajar, tempat umum, tempat kerja, tempat bermain anak, tempat ibadah, dan angkutan umum.

“Surat akan kita kirim, mereka wajib mematuhi Perda yang berlaku di Kota Depok,” tandas Yayan.(irw)

You may also read!

12 Rumah di Depok Tersapu Beliung

DEPOK – 12 bangunan rumah warga di Kampung Bojong RT05/19, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, porak-poranda disapu angin puting beliung,

Read More...

Anggota Pramuka SWK Bantu Program TMMD di Depok

DEPOK – Sebanyak 12 anggota pramuka yang tergabung dalam Saka Wira Khartika (SWK) Kota Depok membantu personel Satuan Tugas

Read More...

44 Tim Adu Kuat di Piala PP Sukmajaya

DEPOK – 44 tim dari berbagai kategori akan beradu menjadi yang terbaik di kompetisi futsal yang diselenggarakan PAC Pemuda

Read More...

Mobile Sliding Menu