Meriahnya Perayaan Tahun Baru Islam di SDNP Tunas Iblam Depok, Gelar Lomba Religi, Ajak Siswa Memanfaatkan Barang Bekas Pakai

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
LOMBA RELIGI: Para pemenang lomba berfoto bersama guru-guru usai lomba religi dalam rangka perayaan Tahun Baru Islam 1440 Hijriah, Kemarin (21/9) di SDNP Tunas Iblam.

Dalam rangka menyemarakkan perayaan Tahun Baru Islam 1440 Hijriah. SD Nasional Plus (SDNP) Tunas Iblam mengadakan lomba religi, yang dimulai sejak tiga minggu lalu, (7-21/9). lomba tersebut diikuti oleh seluruh siswa dari kelas I-VI.

LAPORAN : NUR APRIDA SANI

Tak seperti hari Jumat pada umumnya. Lapangan dan kelas-kelas di SDNP Tunas Iblam sangat ramai. Ya, kemarin (21/9) merupakan acara puncak Grand Final dari kegiatan lomba religi. Sebanyak 209 orang mengikuti lomba yang sudah berjalan sejak awal September tersebut.

Lomba yang sudah kerap dilakukan selama dua tahun berturut-turut tersebut bukan hanya sekadar merayakan tahun baru Islam. Melainkan sekaligus mencari dan menjaring siswa-siswi yang memiliki bakat dalam seni keislaman untuk di terjunkan dalam Lomba Keterampilan Agama (Loketa).

“Setelah penjaringan ini nantinya akan kami bina sampai matang dengan pembina yang kompeten di bidangnya. Kegiatan ini juga sebagai bentuk penanaman nilai-nilai religius dalam diri anak-anak sejak dini,” kata Ketua Panitia, Kartini kepada Radar Depok.

Berbagai jenis lomba di kompetisikan dalam perlombaan kali ini. Ada yang sifatnya individual dan kelompok. Di antaranya, Musabaqah Tilawatil Quran, Musabaqah Hifzhil Quran, Berkisah, Ceramah, Azan, Kaligrafi, Cerdas Cermat, Salat Berjamaah, dan Miniatur Kabah.

Dibanding tahun sebelumnya, kompetisi tahun ini di bagi dalam tiga tahapan. Babak penyisihan yang diadakan di kelas masing-masing, lalu dilanjut semi final yang mulai di pertandingkan antar kelas, kemudian di tutup dengan grand final. Dari setiap jenis lomba, di ambil tiga terbaik.

“Uniknya dalam membuat miniatur kabah, para siswa memanfaatkan barang bekas pakai yang ada di dalam kelas. Jadi, kita ajarkan mereka untuk dapat mendaur ulang barang bekas agar tidak terbuang sia-sia,” tutup Kartini. (*)

You may also read!

3.200 Guru Honor di Depok Mogok Ngajar

DEPOK – Pagi ini, ratusan guru honorer si-Kota Depok ontrog gedung DPRD Kota Depok, di Jalan Boulevard, Grand Depok

Read More...

18 Lagu Slank Rockin Fest

DEPOK – Sukses menghentak rangkaian tour Sumatera Agustus lalu. SUPERMUSIC kembali mempersembahkan event bertajuk Rockin Fest. Menariknya, Supermusic kali

Read More...

2020 Pemprov Jabar Tata Situ Depok

DEPOK – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, berencana menjadikan Depok sebagai destinasi wisata situ atau danau. Alasannya, Depok memiliki

Read More...

Mobile Sliding Menu