Kementerian PUPR Disomasi Warga Kemirimuka Depok

In Metropolis
JUNIOR/RADAR DEPOK
TEGAS : Kuasa hukum korban pembangunan Tol Cijago Seksi II, Mukhlis Effendi (kanan) saat melayangkan surat somasi ke Kementerian PUPR, Senin (10/9).

DEPOK Habis sudah kesabaran 31 warga Kelurahan Kemirimuka, Beji, korban pembangunan Tol Cijago Seksi II. Lantaran tak kunjung menerima ganti rugi atas lahannya, warga akhirnya melayangkan somasi kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kuasa hukum warga, Mukhlis Effendi mengatakan, langkah somasi ini juga sebagai bentuk penegasan bila memang kliennya (31 orang) merupakan pemilik sah lahan seluas 6.652 M2 yang terkena imbas pembangunan tol. Adapun lahan tersebut senilai Rp33 miliar.

“Bukti kepemilikan tersebut telah dikuatkan dengan keputusan PN Kota Depok nomor: 19/Pdt.G/2018/PN.Dpk tanggal 23 Juli 2018. Surat somasi sudah kami layangkan pada 10 September lalu,” ungkap Mukhlis kepada Radar Depok, kemarin.

Ia mengatakan, somasi berlaku sampai dua minggu. Bila Kementerian PUPR tidak mengindahkan, maka pihaknya akan menempih jalur hukum dengan delik dugaan penyerobotan tanah sebagaimana dimaksud dalam pasal 385 KUHP, pasal 167 KUHP, dan pasal 2 UU No 51 tahun 1960.

“Kami inginnya segera diganti. Sudah ada putusan hukum kok. Klien kami sudah berkali-kali menyampaikan permohonan ganti rugi ke Kementerian PUPR sejak 2009. Kalau tak dibayar juga, kami akan stop segala kegiatan di dalam pembangunan tol,” tegasnya.

Lebih lanjut, bila memang penundaan ganti rugi lahan ini terus berlanjut, maka warga akan membuat laporan ke Kejagung RI dan KPK dengan dugaan tindak pidana penyerobotan tanah dan dugaan tindak pidana korupsi. “Kasihan warga sudah bertahun-tahun menunggu ganti rugi,” tandasnya. (jun)

You may also read!

Asep Kalap Lihat Paha Bule, Pemerkosa-Pencuri WNA Jerman di Depok Ditangkap

DEPOK – Asep Maulana sudah mengenakan kaos berwarna orange dengan tulisan tahanan, saat masuk hotel prodeo Polresta Depok. Pria

Read More...

Tujuh Rumah Gedong Numpang Listrik, Developer Aruba Residence Depok Putus Aliran

DEPOK – Entah apa permasalahannya sampai-sampai developer Aruba Residence berbuat tega seperti ini. Selama sembilan hari, tujuh rumah mewah

Read More...

Sehari 60 Orang Buat Kartu Kuning

DEPOK – Selain Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Ternyata, pemohon pembuatan Kartu Kuning atau AK1 juga mengalami peningkatan   kemarin.

Read More...

Mobile Sliding Menu