Depok Masih Rahasikan Kuota CPNS

In Utama
Ilustrasi: Para peserta tes CPNS saat sedang mengikuti seleksi, beberapa waktu lalu.

DEPOK – Disejumlah kota dan kabupaten di Jawa Barat sudah mengumumkan jatah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Di Kota Depok sendiri hingga kemarin, masih merahasiakan kuota yang telah diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, sudah ada surat keterangan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) terkait pendaftaran CPNS, khusus di Depok. Itu akan segara diumumkan, setelah dibahas Walikota Depok.

“Surat Kemenpan sudah dinaikkan ke pak Walikota Depok. Untuk jumlah formasi ada dalam Kepmenpan,”kata Mary, kepada Harian Radar Depok, Kamis (13/9).

Sementara Kketerangan pengumuman pendaftaran CPNS, terang Mary, masih menunggu arahan dari Kantor Regional III Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bandung, Jawa Barat. Menunggu pak Wali yang akan menginfokan. Sedang naik ke pak wali, sabar ya,” ucap dia.

Hal sama pun dikatakan Kepala BKPSDM Depok Supian Suri. Menurutnya, akan segera dikabarkan. ”Nanti diinfokan semuanya,” ucapnya singkat.

Lowongan peserta CPNS Kabupaten Pangandaran dibuka untuk 447 calon pada tahun ini. Jumlah tersebut diajukan Pemkab Pangandaran ke Kemenpan RB. “Kita hanya mendapat kuota sebanyak 447 untuk CPNS tahun 2018 ini,” ungkap Bupati Pangandaran, H Jeje Wiradinata kepada awak media, Rabu, 12 September 2018.

Menurut Jeje, dari 447 kuota CPNS Kabupaten Pangandaran itu ditujukan untuk memenuhi kebutuhan di Dinas Kesehatan, Pendidikan dan untuk di tenaga fungsional umum.

Sementara, kuota calon pegawai negeri sipil Pemerintah Kabupaten Garut pada 2018 dibuka untuk 654 orang. Sebagian besar lowongan CPNS itu diperuntukkan bagi tenaga pengajar dan tenaga kesehatan. Sisanya untuk Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Garut.

Kuota CPNS Pemkab Garut tertuang dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 253 Tahun 2018 tentang Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kabupaten Garut Tahun 2018.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, dari 654 lowongan, sebanyak 237 diperuntukkan bagi tenaga pengajar dan kesehatan berstatus eks tenaga honorer Kategori 2. Terdiri dari 230 eks tenaga honorer K2 guru dan 7 eks tenaga honorer K2 kesehatan.

Terpisah, Kepala BKPSDM Kabupaten Cirebon, Supadi Priatna menyebutkan, kuota CPNS Kabupaten Cirebon 440 orang. Namun, pada rincian yang dilampirkan dalam keputusan Kemenpan itu, jumlahnya 475 orang. Sehingga ada selisih sebanyak 35 kursi. “Makanya kami akan konsultasi dulu ke Kemenpan RB jumlah mana yang dipakai. Yang pasti alokasi CPNS untuk Pemkab Cirebon lebih dari 400 orang, “ katanya.

Begitu juga dengan rekruitmen CPNS tahun 2018 Pemkab Subang. Tahun ini, kata Plt Bupati Subang Ating Rusnatim mendapat kuota sebanyak 474. Pengisian formasinya dilaksanakan melalui dua jalur, yaitu khusus sebanyak 228 dan umum 246. Bersamaan dengan adanya kepastian rekruitmen CPNS tahun ini, warga yang berminat mengikuti seleksi diimbau tak terpengaruh oleh iming-iming oknum memberikan jaminan kelulusan.

Selain tak ada pungutan biaya, juga tak ada yang bisa memastikan kelulusan. Sebab proses seleksi ketat menggunakan sistem komputerisasi.

Di wilayah Cimahi, Kepala Badan Pengelolaan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Daerah (BPKSDMD) Kota Cimahi, Harjono mengungkapkan, untuk Cimahi dapat formasi CPNS 240 dari pemerintah pusat. Khusus untuk kuota honorer K2 memang teralokasi 4 kursi,” ujarnya, Minggu (11/9).

Dari 240 formasi yang didapat, dominan peruntukan untuk guru Sekolah Dasar (SD) yang mencapai 195. Kemudian, untuk tenaga kesehatan seperti dokter spesialis, bidan dan perawat mencapai 28 formasi.

“Sisanya 13 tenaga tehnis teridri dari D3 dan S1 arsitek, teknik sipil lingkungan dan planologi. Serta untuk honorer K2 4 orang,” ucap Harjono.(irw/JPC/net)

You may also read!

Asep Kalap Lihat Paha Bule, Pemerkosa-Pencuri WNA Jerman di Depok Ditangkap

DEPOK – Asep Maulana sudah mengenakan kaos berwarna orange dengan tulisan tahanan, saat masuk hotel prodeo Polresta Depok. Pria

Read More...

Tujuh Rumah Gedong Numpang Listrik, Developer Aruba Residence Depok Putus Aliran

DEPOK – Entah apa permasalahannya sampai-sampai developer Aruba Residence berbuat tega seperti ini. Selama sembilan hari, tujuh rumah mewah

Read More...

Sehari 60 Orang Buat Kartu Kuning

DEPOK – Selain Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Ternyata, pemohon pembuatan Kartu Kuning atau AK1 juga mengalami peningkatan   kemarin.

Read More...

Mobile Sliding Menu