Berziarah ke Museum Dua Masjid Suci

In Utama
NASIHUN SYAHRONI FOR RADAR DEPOK
ZIARAH MUSEUM: Rombongan jamaah haji Kloter 94 JKS Kota Depok berfoto bersama didepan Museum Exhibition Of The Two Holy Mosques Architecture (Pameran Arsitektur Dua Masjid Suci).

Laporan: Ust. Nasihun Syahroni

(Ketua Rombongan KBIH Arrahmaniyah Depok)

Waktu menunjukkan pukul 15.00 Waktu Arab Saudi (WAS). Penulis sebagai Ketua Rombongan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Arrahmaniyah Kota Depok, tergabung dalam rombongan jamaah haji Kloter 94 JKS. Perlu diketahui, Kloter 94 JKS merupakan kloter terakhir jamaah haji Kota Depok.

Sore kemarin, kami bersama jamaah haji lainnya melakukan kegiatan tour dan berziarah ke sebuah museum Exhibition Of The Two Holy Mosques Architecture atau museum Pameran Arsitektur Dua Masjid Suci (Masjidil Haram dan Masjid Nabawi).

Jarak antara museum dengan hotel kurang lebih sekitar 10 kilometer. Sebelumnya, kami keluar Mekah untuk mengambil Mikot di Hudaebiah, karena jamaah akan kembali melaksanakan Umrah Sunnah. Kemudian sambil menuju ke Masjidil Haram, para jamaah masuk ke museum dua masjid tersebut.

Untuk masuk ke museum ini tidaklah mudah, karena sebelumnya harus mendapatkan izin dari pihak pengelola. Alhamdulillah, jamaah kami diizinkan masuk. Mulai dari pukul 16.00 WAS hingga pukul 17.00 WAS.

Yang menarik di tempat ini adalah kita semua bisa saksikan bagaimana bentuk dan bahan bangunan kedua masjid itu dari bahan kuno, termasuk kayu dan logam yang digunakan. Tampak dalam foto bahan yang digunakan untuk menopang Hajar Aswad adalah bahan logam berwarna kuning, beda dengan sekarang baik bahan maupun warnanya.

Setelah berkunjung ke museum, jamaah melanjutkan perjalanan ke Masjidil Haram guna melaksanakan Umrah. Karena di lantai dasar Masjidil Haram sangat padat, maka kami melaksanakan Tawafnya di lantai 3. Dimana lantai paling atas yang digunakan untuk Tawaf, kemudian dilanjutkan dengan Sa’i, dan ditutup dengan Tahalul. Yaitu ditandai dengan memotong rambut para jamaah. Pelaksanaan Umrah kali ini selesai hampir pukul 24.00 WAS.

48.426 Jamaah Haji Pulang ke Tanah Air

Hingga Senin (3/9) pukul 09.00 WAS, telah 118 kloter jamaah haji Indonesia dipulangkan dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi. Sejumlah 218 kloter dijadwalkan terbang ke Tanah Air melalui bandara itu. Dengan note, berarti sudah ada 48.426 orang, terdiri atas 47.836 jamaah haji dan 590 petugas pendamping jamaah yang sudah diterbangkan ke Tanah Air.

Sementara itu, jamaah haji Indonesia yang wafat di Tanah Suci mendapat asuransi senilai Rp18,5 juta. Kemudian apabila meninggal dunia akibat kecelakaan Rp37 juta dan di bandara atau pesawat ditambah asuransi pihak maskapai sebesar Rp125 juta.

Asuransi ini didapat karena seluruh jamaah haji oleh Kementerian Agama telah didaftarkan asuransi. Preminya sebesar Rp49 ribu per jamaah dibayarkan dari dana optimalisasi. Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah, Ahda Barori menyebutkan, nilai tanggungan berlaku sejak jamaah haji telah berada di embarkasi keberangkatan.

“Ahli waris yang keluarganya wafat saat melaksanakan ibadah haji tahun ini juga tidak perlu repot-repot mengurus klaim asuransi jiwa. Kemenag yang akan mengurus asuransi, biasanya cair dalam lima hari kerja,” ujar Ahda, seperti dikutip dari laman www.kemenag.go.id, Selasa (4/9).

Dia mengatakan, proses klaim saat ini sudah berjalan tanpa harus menunggu penyelenggaraan haji selesai. “Sekarang sudah berjalan dan sudah banyak yang ditransfer,” ucapnya.

Pengiriman dananya, kata Ahda, bisa melalui rekening jemaah yang wafat tapi rekeningnya masih aktif. Jika tidak, lanjutnya, ke rekening ahli waris telah disepakati pihak keluarga. (gun/lip/net/**)

You may also read!

Kapolres Depok Kombes Pol Aziz Andriansyah

Perempuan Depok Diculik di Apartemen dan Akan Dijadikan PSK

Kapolres Depok Kombes Pol Aziz Andriansyah.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - SA (15) seorang anak perempuan asal Kota

Read More...
dahlan iskan

Tahun Taiwan

  Oleh: Dahlan Iskan   DI tahun 108 ini Taiwan menyatakan merdeka. Secara tidak langsung. "Tanpa menyatakan merdeka Taiwan sudah merdeka," ujar

Read More...
calon haji depok tes kesehatan

1.708 Calhaj Depok Tes Kesehatan

ILUSTRASI : Keluarga melepas keberangkatan jemaah calon haji Kloter 30 di Halaman Balaikota Depok. FOTO

Read More...

Mobile Sliding Menu