Wakil Walikota Depok Ikut Kloter Terakhir

In Utama
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
KLOTER TERAKHIR: (dari kiri) Kepala Kemenag Kota Depok Asnawi, Asisten Bidang Hukum dan Sosial Pemerintah Depok Sri Utomo, istri Wakil Walikota Depok Martha Catur Wurihandini, Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna, Pengurus TPIHI Kota Depok dan Ketua TPIHI Kloter 94 JKS, KH Abudin Somad yang juga sebagai Ketua Yayasan Arrahmaniyah.

DEPOK – Menjelang puncak haji pada pekan depan, sejumlah jamaah haji Kota Depok yang ada di tanah suci saat ini sedang menjalankan ibadah umrah sunnah. Bahkan, para jamaah haji sudah melakukan pembayaran Dam, yaitu menyembelih hewan kurban. Hal tersebut disampaikan Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok, Asnawi, usai pelepasan calhaj Kloter 94, di Balaikota Depok, kemarin (13/8).

Asnawi menyebutkan, satu kambing untuk membayar Dam harganya sekitar 400 Riyal. Meski begitu, kondisi jamaah dalam keadaan sehat.

“Mereka yang membayar Dam ini bukan pelanggaran, tapi melaksanakan Haji Tamattu atau haji yang santai. Dari segi penginapan, makan, pelayanan, dan lainnya lancar,” kata Asnawi, kepada Radar Depok.

Asnawi berharap, jamaah haji dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar. Terutama menjaga kesehatan fisik, karena dalam waktu dekat proses ibadah haji akan dimulai. “Pada 20 hingga 25 Agustus mulai ibadah haji,” terang Asnawi.

Kloter 94 merupakan kloter terakhir jamaah Depok, berangkat dari Embarkasi Haji Bekasi dengan jumlah 266 jamaah, yang digabung bersama Kabupaten Cianjur. “Pada pukul 18.30 ke Embarkasi Bekasi, kemudian tes kesehatan. Selanjutnya diberangkatkan menuju tanah suci,” ucap Asnawi.

Para jamaah menggunakan bus dari Pemkot Depok. Bantuan bus ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2008 tentang pelaksanaan ibadah haji. Dimana pemerintah wajib memberikan akomodasi transportasi untuk keberangkatan calon jamaah haji ke embarkasi dan sebaliknya atau pulang. “Nanti pas pulang juga dapat bantuan bus untuk menjemput jamaah haji di Embrkasi,” kata dia.

Diketahui, pada kloter terakhir ini terdapat Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna bersama istri menjalankan ibadah haji di 2018. “Mudah-mudahan ibadah haji yang akan saya tunaikan ini mendapat ridha dari Allah SWT, serta mendapat haji yang mabrur,” ungkap Pradi kepada Radar Depok.

Tentu aka nada doa-doa khusus yang akan ia panjatkan nanti di rumah Allah SWT.  Selain doa yang bersifat pribadi, Pradi yang notabene pemimpin Kota Depok, barang tentu akan pula mendoakan Kota Sejuta Maulid ini. “Khusus doa buat masyarakat dan kotanya. Tentu agar kota ini semakin maju, dan rakyatnya sehat, sejahtera. Amin,” tambahnya lagi.

Sementara itu, Asisten Bidang Hukum dan Sosial Pemerintah Depok, Sri Utomo meminta agar semua jamaah mengikuti seluruh ketetapan yang telah diberikan selama berada di tanah suci. “Kami doakan calon haji asal Depok, diberi kemudahan dan kelancaran saat melaksanakan ibadah haji,” kata Sri.

Sri mengatakan, para jamaah kembali dengan membawa haji yang lebih baik.  “Agar haji kita menjadi haji yang mabrur,” ujarnya.

Terpisah, Ketua KBIH Arrahmaniyah, Mohamad Abduh mengatakan, Kloter 94 Kota Depok akan didampingi enam orang petugas. Sedangkan jamaah yang berasal dari KBIH Arrahmaniyah tahun ini ada delapan orang. Para jamaah masuk ke dalam gelombang 2 yang akan langsung diberangkatkan ke Jeddah, kemudian menuju Mekah.

“Infonya mereka akan ditempatkan di hotel 503 Jewar Al Nour daerah Mahbasjin. Jarak ke Masjidil Haram sekitar 2,7 kilometer. Tiba di sana akan istirahat, kemudian melanjutkan umrah dan Tawaf. Yang perlu diketahui, pada 16 Agustus bus salawat sudah di stop karena menjelang puncak haji,” kata Abduh kepada Radar Depok.

Jamaah haji gelombang 2 ini selanjutnya akan menunggu puncak haji di Armina. Setelah pelaksanaan haji, dalam kurun waktu 20 hari akan melaksanakan ibadah sunnah dan ziarah di Kota Mekah. “Ziarah ke Gua Hira, Jabal Nur, Jabal Rahmah, dan akan melaksanakan pemotongan Dam sera haji Tamattu,” pungkasnya. (irw/gun)

You may also read!

Pedagang dan Pemkot Depok Lawan Petamburan

DEPOK – Akhirnya pedagang dan Pemkot Depok bersatu melawan PT Petamburan Jaya Raya (PJR). Selasa (18/9), sejumlah pedagang Pasar

Read More...

Satu ASN Depok Akan Dipecat

DEPOK – Menindaklanjuti kesepakatan bersama menteri, yang tertuang dalam surat Nomor 182/6597/SJ, Nomor 15 Tahun 2018, dan Nomor 153/KEP/2018.

Read More...

PLN TJBB Depok Diontrog Karyawan Kontrak

DEPOK – Ratusan pegawai kontrak tiba-tiba ingin merangsek masuk kantor PT PLN (persero) Transmisi Jawa Bagian Barat (TJBB), Kelurahan

Read More...

Mobile Sliding Menu