Upaya Penghijauan Kelurahan Tanah Baru Depok Gunakan Sistem Hidroponik, Lahan Kosong Ditanami Apotik Hidup

In Satelit Depok, Wilayah Depok
DICKY/RADARDEPOK
BUDIDAYA: Lurah Tanah Baru, Zakky Fauzan bersama Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida saat memanen tanaman hasil hidroponik di kantor Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, beberapa waktu lalu.

Gerakan nyata dilakukan Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji untuk penghijauan. Memanfaatkan lahan kelurahan, Kelurahan Tanah Baru melakukan penamaman sistem hidroponik dan memanfaatkan lahan kosong dengan menanami tanaman apotik hidup.

Laporan : Dicky Agung Prihanto

Sepuluh batang paralon dengan disusun seperti piramida, yang ditengahnya terdapat tiga macam sayuran yang tertanam rapi di 250 lubang. Penanaman tersebut merupakan bentuk penanaman hidroponik yang dilakukan Kelurahan Tanah Baru dalam upaya mengajak masyarakat mamanfaatkan lahan untuk penghijauan.

Lurah Tanah Baru, Zakky Fauzan mengatakan, menanam dengan cara hidroponik terbilang mudah dan tidak memerlukan lahan yang luas. Memanfaatkan lahan seluas dua meter, pihaknya dapat menanam dengan cara hidroponik yang ditumbuhi sayuran. Kelurahan Tanah Baru telah melakukan satu kali panen yang dihadiri Ketua TP PKK Kota Depok, yakni Elly Farida.

“Penanaman hidroponik sebagai dorongan UP2K untuk PKK Kelurahan Tanah Baru,” ujar pria yang pernah menjabat sebagai sekretaris Kelurahan Pasir Putih.

Pria yang mengenakan kacamata tersebut mengungkapkan, untuk melakukan tanaman hidroponik pihaknya mendapatkan bantuan dari PPL DKP3 Kecamatan Beji. Menanam hidroponik dibutuhkan waktu sekitar tiga bulan, mulai dari masa penyemaian hingga panen.

Zakky menuturkan, selain melakukan menanam sayur dengan hidroponik, Kelurahan Tanah Baru memanfaatkan lahan kosong dengan menanam tanaman apotik hidup. Tanaman lidah buaya, lavender, kunyit, jeruk nipis, sosor bebek, bangle, jeruk limo, lengkuas, sirsak, dan sembung merupakan sejumlah tanaman yang ditanaman di lahan kosong tersebut.

“Penanaman apotik hidup juga dilakukan di RW13 dan sebanyak 150 jenis tanaman tertanam disana,” tutup Zakky (*)

You may also read!

Polisi Dalami Diare Massal Siswa SDIT Pondok Duta Depok, Air Diduga Tercemar Bakteri E-coli

DEPOK – Pihak kepolisian mendatangi Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Pondok Duta, kemarin untuk menindaklanjuti petaka diare yang dialami

Read More...

Korban Cijago Minta SPHH Dicabut

DEPOK – Merasa tidak mendapat keadilan di Kota Depok, warga terdampak pembebasan lahan Jalan Tol Cijago di Kelurahan Kukusan,

Read More...

BNN: Depok Market Peredaran Narkoba

DEPOK – Peredaran narkoba di Kota Depok sangat masif. Rumah kos dan hotel menjadi tempat favorit untuk memakai barang

Read More...

Mobile Sliding Menu