SMPN 13 Depok Beri Bintang Teladan ke-41 Penggalang

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
REWARD: Penggalang SMP Negeri 13 Depok mendapatkan penghargaan berupa Bintang Teladan dari Pembina Pramuk saat HUT Ke 57 Pramuka di sekolah, Jalan Raya Krukut, Kelurahan/Kecamatan Limo, kemarin (15/8).

DEPOK – SMP Negeri 13 Depok turut memeriahkan HUT ke-57 Pramuka. Setelah melaksanakan apel, Ketua Majelis Pembina Gugusdepan (Ka Mabigus) memberikan penghargaan Bintang Teladan kepada pelajar Penggalang kelas VIII dan IX, kemarin (15/8).

Pembina Pramuka, Nur Ali mengatakan, penyematan penghargaan tersebut sebagai apresiasi kepada siswa yang sudah berkontribusi dan mengabdi pada Pramuka. Sebanyak 41 siswa yang mendapatkan ikon bintang adalah tim dari Pasukan Khusus (Pasus) Pangkalan SMP Negeri 13 Depok.

“Bintang satu untuk siswa kelas VIII dan bintang dua untuk kelas IX. Selain banyak kontribusi untuk sekolah, mereka juga anak yang memiliki nilai plus. Dari bidang Pramukanya juga kehidupan sosialnya,” kata Ali kepada Radar Depok.

Ali menerangkan, Bintang Teladan tersebut dapat dipergunakan oleh siswa sebagai alat untuk masuk ke SMA melalui jalur prestasi (japres). Di samping penilaian oleh pembina, siswa yang mendapatkan bintang juga dinilai oleh guru dan orangtua.

“Kami hadirkan alumni dan orangtua untuk menyaksikan langsung. Diharapkan siswa lain dapat termotivasi untuk mengikuti teman-temannya tersebut,” terangnya.

Selain orang tua dan alumni, apel HUT Pramuka juga dihadiri pihak Koramil 07/Limo, dan Ketua Kwartir Ranting (Ka Kwarran) Limo. Sebagai Ka Mabigus, Hehen Hendra menyampaikan, apresiasinya kepada pembina dan pelatih pramuka sekolah.

Di HUT Pramuka, ia berpesan supaya para siswa dapat tetap merekatkan NKRI melalui kegiatan Pramuka di sekolah. Karena, dalam Pramuka bukan hanya kegiatan tali temali tetapi lebih pada pendidikan karakter.

“Jadikan pelajaran di pramuka sebagai benteng untuk menjaga diri dari perilaku kejahatan yang menghampiri. Juga untuk dijadikan ladang prestasi untuk masa depan,” tuturnya.

Sementara itu, pelatih Pramuka SMPN 13 Depok, Dede Kurniasih mengatakan jebolan sekolah yang berada di Jalan Raya Krukut, Kelurahan/Kecamatan Limo tersebut sebagian masuk ke SMAN. Hal itu berasal dari prestasi yang dia dapatkan melalui Pramuka.

“Cita-cita saya ke depan untuk membawa penggalang SMPN 13 Depok menjadi Pramuka Garuda,” tutup Dede. (san)

You may also read!

Pembalap Cilodong Finish 21

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Pembalap asli Kota Depok di Moto2 belum membuahkan poin di Sirkuit Catalunya Spanyol, Minggu (16/6). Dimas Ekky Pratama,

Read More...

PKS dan Gerinda Malu-malu

RADARDEPOK.COM, DEPOK–Tahapan Pemilahan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 Kota Depok tinggal beberapa bulan lagi, tepatnya September 2019. Partai penguasa PKS

Read More...

Pelaku Pelemparan Terekam CCTV

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Maraknya aksi pelemparan terhadap pengguna jalan di Tol Depok-Antasari (Desari), Satlantas Polresta Depok melakukan operasi dan

Read More...

Mobile Sliding Menu